Senin, 05 Maret 2012

Prof. R. Mohammad Yogiarto, MD


“Simposium seperti ini merupakan suatu media yang bagus, karena berbagai disiplin ilmu terutama neurologi dan endokrin.berkumpul,” ujar Prof. R. Mohammad Yogiarto, MD disela simphosium ke-3 InaSH di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta,baru-bari ini. Hipertensi sebagai penyakit kardiovaskular, bila telah terdeteksi sebelum ada keluhan hendaknya kita lakukan terapi.
Hipertensi dengan keluhan merupakan keterlambatan penanganan, yang dapat berakibat fatal. Penanganan hipertensi seperti mengatur gaya hidup, olahraga, diet dan obesitas diharapkan mampu mengurangi angka kejadian penderita di Indonesia. “Juga diharapkan, dengan adanya pertemuan ilmiah ini didapat kesepakatan dari berbagai multi disiplin ilmu, untuk menciptakan guide line penanganaan hipertensi di Indonesia,” ujarnya.
MOU antara Depkes dan Pmprov Jawa Timur baru-baru ini, merupakan tonggak awal terealisasinya Heart and Vascular Center di Jawa Timur. Diharapkan, kelak  menjadi pusat pelayanaan pendidikan dan penelitian di Surabaya. Khususnya untuk  bidang kardiologi dan vascular, serta sebagai sarana antisipasi persaingan global di bidang kesehatan.
Ketua Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vascular FK Unair-RSUD dr. Soetomo, Surabaya, dan ayah 2 anak ini berceritera tentang pengalaman yang dinilainya sangat berharga. “Ketika itu, anak kedua saya baru berumur 1 bulan. Saya harus tugas belajar selama 1 tahun di Prancis. Tugas adalah amanat yang harus dikerjakan dengan ikhlas, dalam kondisi apa pun,” katanya. Ternyata, bidang diagnostic dan intervensi yang didalaminya di sana, kini menjadi bidang yang sangat berkembang dan sangat diperlukan dalam pendidikan pelayanan di bidang kardiologi.
Di waktu luang, pria yang hoby traveling dan berkebun ini selalu menyempatkan waktu bersama keluarga, untuk menikmati indahnya gunung dan persawahan.  Berkendaraan mobil, menikmati pemandangan gunung Indonesia yang masih “gemah ripah loh jinawi”, merupakan hal yang menyenangkan. “Udara yang segar dan masyarakatnya yang ramah, merupakan bentuk apresiasi yang tidak kita temukan di kota besar,:” ujar pengemar jajanan pasar dan lamb chop steak ini.