Rabu, 07 Maret 2012

Pelatihan Kegawatdaruratan Medis 2012



Hari 1
Para peserta PUSDALOPS PB (Pusat Pengendalian Operasi Penganggulangan Bencana) Provinsi Bali, Anggota Muda Tim Bantuan Medis Janar Duta Angkatan ke 21 yang berjumlah 41 orang melakukan pengumpulan peserta di depan patung Ganesha tepatnya pukul 08.00. Para peserta menggunakan slayer Tim Bantuan Medis Janar Duta sebagai identitas peserta. Setelah melakukan pengumpulan dari pihak panitia atau senior melakukan pengabsenan kepada pihak peserta. Pada hari pertama tanggal 25 februari 2012, terdapat 2 peserta yang terlambat. Setelah seluruh peserta diabsen oleh pihak panitia, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dari pihak panitia dan peserta. Persembahyangan berlangsung tertib dan khusuk. Setelah melakukan persembahyangan peserta kegiatan diberikan pengarahan terlebih dulu dari pihak panitia yang akan menuntun jalan mereka ke  tempat PUSDALOPS PB Provinsi Bali. Kemudian para peserta mengambil kendaraan mereka masing-masing dan bersamaan berangkat dengan pihak panitia. Para peserta dapat mengikuti petunjuk dari pihak panitia dengan baik, dan sampai di kantor PUSDALOPS dengan selamat. 

Sesampainya di kantor PUSDALOP ketua panitia masuk ke kantor PUSDALOPS untuk memastikan kehadiran pihak panitia dan peserta di kantor POSDALOPS. Kemudian Peserta dan panitia melakukan persembahyangan terlebih dahulu kemudian masuk ke kantor POSDALOPS untuk acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 09.00-11.00. Setelah acara pembukaan dilanjtukan dengan pemberian materi di dalam ruangan dari pihak PUSDALOPS dari pukul 11.00-12.30. 

Dalam pemberian materi hanya 21 peserta yang diikutkan untuk memantapkan pihak peserta sedangkan 20 peserta lainnya diperbolehkan untuk mengikuti pemberian materi yang sama keesokan harinya. Pukul 12.30 peserta dipersilahkan untuk makan siang dari pihak panitia dn PUSDALOPS selama 30 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi di luar ruangan berupa prakter Bantuan hiudup dasar dan ambulans. Peserta pulang ke rumah masing-masing pukul 14.30.

Hari 2
Di hari kedua tepatnya tanggal 26 Februari 2012, 20 orang peserta yang pulang mendahului di hari pertama bekumpul di depan patung Ganesha kembali pada pukul 08.00 untuk melaksanakan pengabsenan kembali dari pihak panitia dan sembahyang bersama. Setelah melaksanakan persembahyangan, pihak peserta dan panitia berangkat bersama ke kantor PUSDALOPS dengan tuntunan panitia. Sesampainya di kantor PUSDALOPS pada pukul 08.30 pihak peserta dan panitia melakukan persembahyangan kembali dan setelah itu masuk ke kantor PUSDALOPS untuk penjelasan materi di dalam ruangan pada pukul 09.00. Pemberian materi mengenai bantuan hidup dasar berlangsung dari pukul 09.00-11.00. Pada saat pukul 10.00 para peserta dipersilahkan untuk mengetahui prosedur pembunyiaan sirine tsunami dari pihak PUDALOPS. Pada pukul 11.00 peserta dipersilahkan untuk mempraktekan materi mengenai bantuan hidup dasar namun peserta dibagi menjadi 2 kelompok yang berjumlah masing-masing 10 orang. Satu kelompok mempraktekan bantuan hidup dasar dan satu kemlopok lainnya menuju ambulans untuk mendapatkan penjelasan mengenai ambulans dan akan ada pergantian praktek agar tiap-tiap kelompok mendaptakan kedua materi tersebut. Pada pukul 13.00 dilakukian acara penutupan yang dihadiri oleg 29 peserta karena 12 peserta lainnya sedang melaksanakan acara bhakti social yang berupa pengobatan gratis di 9 kabupaten Provinsi Bali. Setelah penutupan peserta pulang ke rumah masing-masing.