Senin, 05 Maret 2012

dr. Khie Chen Lie, SpPD

“Bidang ilmu penyakit dalam, sebenarnya, tidak susah. Semuanya bisa dipelajari secara simple dan mudah, dalam artian mudah dicerna, mudah dipelajari dan mudah dipraktekkan,” ujar dr. Khie Chen Lie, SpPD, staf Divisi Tropic dan Infeksi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Jakarta.
Menjadi dokter sudah menjadi cita-citanya sejak duduk di bangku SMP. Ia melihat, pekerjaan sebagai dokter sangat mulia karena bisa membantu orang lain yang sedang kesusahan. Dalam memberikan bantuan, dokter harus bisa menempatkan diri sebagai seorang professional. Selama 15 tahun menangani pasien, “Banyak hal menarik yang saya alami, terutama saat bertugas di Riau daratan.” 
Indonesia terasa begitu luas, saat ia berada di sana. Terlebih, di sana masih banyak daerah yang belum tercover fasilitas kesehatanya. “Seputuh tahun yang lalu, untuk mendapatkan tranfusi darah pasien harus dibawa ke rumah sakit kabupaten. Sedangkan kasus-kasus perdarahan pada ibu hamil, banyak dijumpai,” ujarnya. Akses dan sarana transportasi yang kurang memadai, merupakan masalah tersendiri. Untuk ke kota kabupaten, pasien harus menghabiskan biaya Rp.500 ribu; belum termasuk biaya obat dan rawat inap di rumah sakit. Ia berharap, pengalamnya 10 tahun lalu kini sudah tidak lagi ditemui di Riau daratan.
Harapanya pada bidang penyakit tropic dan infeksi, adalah penaganan yang lebih baik. Di divisi ini, dilakukan riset mengenai tatacara pengobatan yang lebih baik dan terstandard untuk mengurangi kesakitan dan angka kematian. Salah satunya adalah protokol penatalaksanaan demam berdarah, yang saat ini diterapkan Departemen Kesehatan RI, yang secara signifikan mampu menurunkan angka kematian. “Masih perlu dukungan pemerintah untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas,” ujarnya.
Salah satu wujud nyata edukasi yang ia lakukan adalah dengan membuat blog, mengenai dunia kesehatan. Blognya memuat rmasalah kesehatan, bagaimana mengatasinya serta apa upaya pencegahan yang dapat dilakukan. “Meski designnya sangat sederhana, saya berharap blog ini mampu mengedukasi masyarakat luas, yang tidak memiliki kesempatan untuk bertanya lebih banyak mengenai masalah kesehatan. Silakan klik http://drkhiechen.blogspot.com,” ujar pencinta lukisan dan seni rupa ini.