Sabtu, 10 Maret 2012

Komunikasi Perawat

Komunikasi Perawat.Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Bila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh, menunjukkan sikap tertentu, contohnya dengan tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara menggunakan bahasa tubuh ini disebut dengan komunikasi nonverbal.

Komunikasi merupakan komponen dasar dari hubungan antar manusia dan meliputi pertukaran informasi, perasaan, pikiran dan perilaku antara dua orang atau lebih.Komunikasi mempunyai dua tujuan, yaitu untuk pertukaran informasi dan mempengaruhi orang lain.dan komunikasi perawat ini penting peranannya dilakukan oleh seorang perawat kepada para pasiennya

komunikasi perawat,komunikasi teraupetik,Blog Keperawatan

Interaksi perawat dan pasien akan menghasilkan informasi untuk perawat tentang keadaan pasien dan pada waktu yang bersamaan perawat dapat memberikan informasi tentang cara-cara menyelesaikan masalah dengan strategi tertentu sehingga pasien terpengaruh dan mau melakukannya untuk penyelesaian masalah pasien. Jika pasien menerima dan melakukan informasi yang diberikan oleh perawat maka perilaku pasien berubah ke arah adaptif yang merupakan hasil utama tindakan keperawatan.

Sikap komunikasi perawat dapat ditampilkan melalui tindakan atau perilaku sebagai berikut :

1. Gerakan tubuh. seperti sikap tubuh, ekspresi wajah dan sikap-sikap lain. Misalnya: tersenyum, kontak mata, sedikit membungkuk pada saat bicara, tidak melipat tangan, tidak menyilangkan kaki, tidak memasukkan tangan ke kantong.

2. Jarak saat berinteraksi. Ruang intim sampai 50 cm,  ruang pribadi 50-120 cm, dan ruang konsultasi sosial 275-365 cm. Komunikasi terapeutik pada umumnya terjadi di ruang pribadi, tetapi antara pasien dengan perawat tidak dibatasi meja.

3. Sentuhan. Digunakan dalam komunikasi terapeutik, tetapi harus dilakukan secara tenang sambil menganalisis kondisi pasien dan respons yang mungkin akan diberikan oleh pasien. Sentuhan tidak tepat untuk beberapa situasi, misalnya: terhadap pasien yang penuh curiga dan tidak percaya kepada orang lain, pasien yang merupakan korban penganiayaan, pasien yang budayanya melarang atau membatasi sentuhan. Beberapa contoh sentuhan: bersalaman, menepuk bahu / mengangkat jempol / tepuk tangan untuk memberikan pujian, memegang tangan pasien pada saat pasien sedih dan menangis.

4. Diam. Digunakan untuk memfasilitasi pasien dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Hal ini dilakukan kepada pasien menarik diri, setelah perawat mengajukan pertanyaan maka perawat diam untuk memberi kesempatan pada pasien berpikir tentang jawaban pertanyaan.

5. Volume dan nada suara. Hal ini mempengaruhi penyampaian pesan. Pada pasien lansia / lanjut usia volume suara tinggi dengan nada rendah, pada pasien perilaku kekerasan, volume dan nada suara rendah tetapi tetap tegas.

Demikian tadi sahabat beberapa metoda komunikasi perawat dan semoga bermanfaat.