Sabtu, 26 Mei 2012

Rokok Memicu Pneumonia?


Tanya:

Dr.Muchlis, Aswrwb. Menurut dokter, adakah hubungan orangtua merokok dengan balita yang menderita pneumonia? Bisakah asap rokok menyebabkan seseorang (terutama bayi atau balita) menderita pneumonia? Bila bisa, bagaimana caranya? Apakah asap rokok merupakan salah satu faktor risiko pneumonia? Itu saja dok. Makasih. Waswrwb.

Jawab:



Seperti diketahui, Akibat negatif dari rokok, sudah mulai terasa pada waktu kita mulai menghisap rokok. Di dalam asap rokok, tembakau yang terbakar kurang sempurna akan menghasilkan CO (karbon mono oksida), tar dan nicotine.

Gas CO (Karbon Mono Oksida)
Gas CO berpengaruh negatif terhadap saluran napas dan pembuluh darah.
Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen. Oleh sebab itu, darah yang mengandung banyak gas CO, akan berkurang daya angkut oksigennya. Kita dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida.
Meskipun demikian pada perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO, namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok pada akhirnya akan berpengaruh negatif pada saluran napas dan pembuluh darah.

Tar dan Asap Rokok
Tar dan asap rokok akan merangsang saluran napas, apabila tar tertimbun di saluran tersebut, maka akan menyebabkan Batuk dan sesak napas.Tar yang menempel di saluran napas dapat memudahkan timbulnya kanker saluran napas, lidah atau bibir.

Nikotin
Nikotin akan merangsang pengeluaran adrenalin yaitu hormon yang dihasilkan oleh anak ginjal yang menyebabkan peningkatan denyut Jantung.
Peningkatan hormon adrenalin akan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula terjadinya serangan jantung

Apabila seorang bapak mempunyai kebiasaan merokok, maka orang serumah (termasuk bayi, balita, anak-anak dan orang tua) akan menjadi perokok pasif yang tanpa sadar memasukkan asap rokok ke dalam paru-paru.
Lama kelamaan, daya tahan tubuh mereka juga akan menurun. Akibatnya, apabila ada kuman penyebab pneumonia masuk ke paru-paru akan mudah terjadi Pneumonia pada orang serumah.

Demikian semoga bermanfaat.