Sabtu, 05 Mei 2012

Mungkinkah Batuk Karena Kanker?


Tanya:

Saya punya masalah, mama saya dinyatakan mengidap penyakit kanker kurang lebih sejak 6 tahun lalu. Ada beberapa masukan yang diterima mama saya yaitu ada yang mengatakan sebaiknya jangan dibiopsi atau dioperasi karena akan semakin ganas nanti sel kankernya. Masukan ini datangnya dari keluarga yang kebetulan terjun di bidang medis. Maka mama saya memutuskan uuntuk mencoba obat herbal yang memang terbukti khasiatnya. Tapi sangat disayangkan hanya 8 bulan minum obat herbal ini dan tidak dilanjutkan karena masalah biaya.

Obat herbal(daun teratai) ini memamg paten dan mama saya tidak sanggup meneruskan karena terlalu mahal. Sejak saat itu, mama saya mencoba pengobatan alternatif lain yang masih tetap menggunakan herbal. Sudah mencoba obat herbal lainnya tapi ternyata penyakit mama saya tak juga sembuh. Justru mama saya pernah ke dokter yang dapat menangani masalah kanker, obatnya dalam bentuk ramuan (jamu-jamu) ternyata sejak minum ramuan tersebut benjolan yang ada di dalam payudara mama saya pecah akhirya berhenti dan mencoba minum obat herbal China ternyata tiada hasil.

Benjolan payudara kiri pecah jadi melebar dan menimbulkan reaksi muncul banyak bisul di sekitar payudara setelah minum obat herbal ini. Karena sebenarnya sudah 5x mama saya ke pengobatan alternatif yang berbeda. Sekarang mama saya kembali ke obat herbal semula yang memang dirasakan sendiri oleh mama saya yaitu tidak ada rasa sakit setelah 3 bulan belakangan ini mengkonsumsi daun teratai.

Sekarang masalahnya adalah batuk-batuk yang semakin keras dan tak kunjung berhenti. Apakah ini sel kanker yang sudah menyebar ke paru-paru? Terus terang 6 tahun yang lalu memang pernah sakit batuk dan dinyatakan oleh dokter menderita bronkitis. Saya mau menanyakan:



1. Apakah mama saya murni sakit bronkitis atau memang sel kanker ini sudah menjalar sampai di paru paru?

2. Apa yang harus saya lakukan karena mama saya ke dokter ahli paru-paru dan kami tidak pernah mengatakan ke dokter kalo mama saya ini payudaranya “sakit”?

Ini merupakan “curhat” saya. Mohon masukannya. Terimakasih.

Maya

Jawab:

Batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu perlu dievaluasi secara lebih teliti untuk dicari penyebabnyal Antara lain: bronkhitis (infeksi saluran nafas bawah) yang bisa disebabkah oleh alergi atau infeksi. Selain itu bisa disebabkan oleh Tuberkulosis paru atau karena mama sudah menyandang penyakit kanker payudara maka tidak tertutup kemungkinan telah ada penyebaran sel kanker (metastasis) ke paru paru. Untuk mengetahui hal tersebut perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen dada, akan terlihat gambaran bercak-bercak bulat di paru-paru. Disamping itu perlu diperiksa sputum (dahak) di pagi hari, akan ditemukan sel-sel kanker di sputumnya. Pemeriksaannya disebut sitologi sputum.

Pada  saat berobat ke dokter spesialis paru sebaiknya berterus terang kalau ada riwayat sakit kanker payudara. Sebab, informasi ini sangat penting bagi dokter untuk menegakkan diagnosis yang lebih tepat.

Sebaiknya mama lebih pasrah lagi, dalam menjalani pemeriksaan maupun pengobatan oleh dokter. Insya Allah dengan kepasrahan yang lebih mendalam akan mengurangi penderitaan dan memperpanjang usia mama.