Rabu, 16 Mei 2012

Kebutuhan Tidur Anak

Kebutuhan Tidur Anak.Banyak manfaat yang kita dapatkan dalam aktifitas tidur kita. Diantara manfaat tidur adalah tidur diperlukan untuk memperbaiki proses biologis secara rutin, selama tidur tubuh akan bisa menyimpan energi. Demikian pula tidur bagi anak.Kebutuhan tidur anak tentunya berbeda dibanding kebutuhan tidur orang dewasa, baik dalam hal kualitas dan juga kwantitasnya. Semoga artikel dan makalah mengenai pola dan kebutuhan tidur anak ini dapat memberikan manfaat.

Sebagai orang tua, kita jangan sekali-kali menyepelekan apa yang dinamakan dengan kebutuhan tidur anak ini. Karena, saat tidur pertumbuhan otak balita (bayi di bawah 5 tahun) mencapai puncaknya. Otak juga mengonsolidasi segala memori dan pengetahuan baru. Tak hanya itu, otot, kulit, sistem jantung dan pembuluh darah, metabolisme tubuh, dan tulang mengalami pertumbuhan pesat saat tidur. Hal itu disebabkan tubuh balita memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan ketika dia dalam keadaan terbangun. Inilah salah satu pentingnya kebutuhan tidur anak yang harus kita ketahui juga.

Masalah tidur pada anak membawa berbagai dampak, yang hingga kini belum didefinisikan secara lengkap, di antaranya adalah gangguan pertumbuhan, kesehatan kardiovaskular, fungsi kognitif dan perilaku sehari-hari. Kemampuan akademik pada berbagai tingkatan usia juga dapat dipengaruhi oleh gangguan tidur yang tidak terdiagnosis. Meskipun dampak dari gangguan tidur yang tidak disadari ini telah semakin jelas, namun masih sedikit penelitian yang telah dilakukan.

Kebutuhan tidur anak, Blog Keperawatan

Berikut beberapa pola dan kebutuhan tidur anak dan pola tidur bayi / anak yaitu :
  • Usia 1 - 4 minggu. Pola tidur bayi baru lahir adalah sebentar-bentar namun sering. Kebutuhan tidurnya sekitar 15-18 jam. Pola tidurnya belum teratur, karena belum mempunyai jam biologis sendiri. Untuk bayi prematur, umumnya pola tidurnya lebih lama dari bayi normal pada umumnya. Jumlah tidur yang dibutuhkan : 10,5 - 18 jam / hari.
  • Usia 1 - 4 bulan. Pola tidur pada usia ini mulai terbentuk. Durasi paling lama untuk sekali tidur bisa 4-6 jam. Kebutuhan tidur perhari adalah 14-15 jam. Namun bayi masih rancu membedakan siang dan malam, jadi bagi mereka tidak ada tidur siang atau pun malam.
  • Usia 8- 12 bulan. Idealnya pada usia ini tidur dalam 15 jam sehari. Pola tidurnya sudah seperti orang dewasa. Lebih banyak di malam hari, bisa mulai tidur pukul 19.00 bangun sekitar pukul 07.00 atau bahkan lebih siang. Sementara tidur siang biasanya pukul 10 atau 12, selama 1 - 2 jam atau bisa lebih.
  • Usia 1 - 3 tahun. Tidur siang semakin sedikit, hanya tidur siang dalam sehari dan berlangsung sekitar 1 - 3 jam, sisanya dihabiskan di malam hari. Kebutuhan tidurnya 12 - 14 jam, namun biasanya hanya mendapatkan waktu sampai 10 jam per harinya.
  • Usia 3 - 6 tahun. Kebutuhan tidurnya 10 - 12 jam per hari.Jika kecukupan tidur terpenuhi di malam hari anak tidak perlu tidur siang.
  • Usia 7 - 12 tahun. Tidur malamnya semakin larut dan biasanya hanya tidur 9 - 10 jam per hari, bahkan tak jarang lebih sedikit karena tugas atau menonton televesi. Siang hari hampir jarang tidur, kalau pun tidur kira-kira 2-3 jam.
Demikian tadi sahabat mengenai kebutuhan tidur anak dan semoga makalah kebutuhan tidur dan pola tidur anak ini dapat memberikan manfaat sahabat semuanya.