Sabtu, 19 Mei 2012

Bisakah Cuci Darah ‘Ditawar’ Jadi’ Seminggu Sekali?


Tanya:

Dok,Saya Ingin Mengajukan beberapa pertanyaan lagi seputar gagal Ginjal yang sedang menjalani Hemodialisis :

1.Saya Menjalani Hemodialisi 1 minggu 2 kali,pertanyaannya,Apakah mungkin Dok saya bisa menjalani HD=Cuci darah 1 minggu sekali?
2.Dok,apakah yang menyebabkan pasien gagal ginjal mengalami gatal2 dan kulit yang mengering,apakah itu pasti dialami oleh penderita gagal ginjal?
3.Dok,sekarang saya punya Jatah mengkonsumsi air sebanyak 800ml utk minum 200ml buat buah dan makanan berkuah,(itu berdasarkan krn saya msh bisa mengeluarkan urin,dlm 1 hari kira2 50ml tetapi bila saya melebhi kapasitas yg diberikan,kaki saya tdk bengkak dan saya pun tidak sesak,apakah itu menandakan 3 ginjal berikut ginjal transplan yg gagal msh berfungsi dok?
4.Dok..,apa yang bisa menyebabkan pasien gagal ginjal yang sedang menjalani Hemodialisis kondisinya menjadi tambah buruk?
5.Dok,apakah pasien hemodialisi bisa kena penyakit Jantung,krn ada bbrp pasien yg saya liat mereka kalau ditarik air+racunnya kecepatannya melebihi 150 terkadang mengeluh jantungnya sakit,dan apa betul pasien HD hanya boleh naik tidak lbh dari 3kg?
Demikian Pertanyaan saya ini,Semoga Dokter bisa membantu permasalahan saya,dan bisa membantu saya dalam mengambil suatu tindakan yang tepat. Terima Kasih! wass…..

Jawab:



1. Tergantung evaluasi klinis dan laboratorium (ureum kreatinin darah). Bila dokter yang mengawasi hemodialisis melihat ada peningkatan perbaikan klinis dan laboratorium, ada kemungkinan hemodialisis bisa dilakukan 1 minggu sekali. Tapi keputusan ini ada di dokter yang merawat lho, bukan oleh kita pasien.
2. Biasanya memang demikian, karena kadar ureum yang tinggi akan terkumpul juga di lapisan kulit. Pasien dengan gagal ginjal sering mengalami dehidrasi intraseluler, termasuk dehidrasi di sel kulit kita. Sehingga kulit pasien cenderung kering. Cara mengatasinya sering sering diberikan lotion baby oil..
3. Ya, sangat mungkin ketiga ginjal berfungsi dengan baik, karena biasanya kalau kelebihan cairan yang kita konsumsi, akan mudah menimbulkan sesak nafas, atau kaki bengkak. Akan tetapi mungkin juga kompensasi ginjal anda terhadap kelebihan cairan masih baik, sehingga tidak timbul sesak dan kaki bengkak.
4. Biasanya karena faktor penyakit penyerta. Misalnya ada diabetes Mellitus, Penyakit Jantung Iskemik, Kelebihan asam urat, kolesterol, triglliserid, kegemukan. Bila tidak ada faktor penyakit penyerta tersebut biasanya tidak tambah buruk.
5. Sangat bisa, terutama kalau hipertensi dan gula darahnya tidak terkontrol. Tapi kalau terkontrol ya aman-aman saja.
Betul pasien hemodialisis sebaiknya tidak naik berat badannya karena akan mempengaruhi hasil hemodialisis. Jadi tidak boleh kegemukan dan naik berat badan lebih dari 3 kg.
Demikian jawaban saya, Semoga  bisa membantu anda dalam mengambil suatu tindakan yang tepat.