Kamis, 03 Mei 2012

Adakah Suplemen untuk Pehobi Bulutangkis?


Tanya:

Dok, usia saya 43 thn, olahraga badminton. Akhirakhir ini selepas olahraga badan justru capek. Saya tidak ingin mengurangi kualitas/kwantitas olahraga saya. Ada suplemen yang cocok buat saya dok?

Terima kasih.
Setyo Widodo

Jawab:



Mengapa setelah berolahraga badminton justru badan terasa capai? Kita mesti melalukan evaluasi terhadap proses olahraganya. Sebab, seharusnya setelah selesai olahraga badan kita bertambah segar. Apakah sebelum badminton dilakukan pemanasan terlebih dahulu? Seberapa lama badmintonnya? kalau terlalu lama tentu akan menyebabkan penumpukan zat kelelahan (asam laktat), yang otomatis akan menimbulkan rasa lelah bukan rasa segar, setelah badminton apakah ada proses pendinginan?

Perlu pula di evaluasi apakah kadar gula darah, kolesterol, trigliserid, asam urat dalam batas normal? coba periksa ke laboratorium. Usia di atas 40 tahun idealnya setiap tahun melakukan ‘medical check up’ secara teratur. Kelelahan bisa merupakan pertanda dari peningkatan kadar gula darah, kolesterol, trigliserid, dan asam urat.

Bila menghendaki tambahan suplemen, minumlah juz buah segar, apapun buahnya. Tidak selalu harus minum obat.

Semoga bisa dijalankan saran di atas, dan tubuh kita akan segar kembali.