Minggu, 20 Mei 2012

Bagaimana Jika Rahim Turun? Apakah Itu Hernia?


Tanya:

Dok, saya baru saja melahirkan selama 2 bulan secara normal. Ternyata pada lubang senggama saya terdapat seperti usus/rahim turun terkadang bisa muncul keluar. Ini termasuk hernia apa? Kenapa bisa terjadi? Apakah dapat mengganggu saat berhubungan suami istri? Adakah cara pengobatan selain operasi? Tq.Tania.

Jawab:



Rahim merupakan organ wanita yang terletak persis di atas vagina, antara vagina dengan rahim dihubungan dengan mulut rahim. Jadi ujung rahim yang masuk ke organ vagina disebut mulut rahim.
Pada beberapa wanita, terutama yang melahirkan lebih dari dua kali ada kemungkinan mengalami rahim turun atau disebut prolaps uteri.
Hal ini bisa diketahui oleh wanita tersebut ketika buang air besar atau jongkok saat buang air kecil terasa ada yang mengganjal di vagina. dengan pemeriksaan sederhana oleh dokter bisa diketahui apakah terdapat rahim turun atau tidak.
Penanganannya, silakan berobat ke dokter spesialis kandungan (SpOG), nanti akan ditentukan apakah akan dipasang cincin (ring) penyangga mulut rahim, atau harus dilakukan operasi. Biasanya dicoba dulu dengan pemasangan ring penyangga mulut rahim yang turun agar tidak keluar melalui vagina.
Jika melakukan hubungan suami isteri tentu akan terganggu karena di vagina terdapat mulut rahim, dan suami biasanya akan merasa terganggu karena tidak bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya.
Jadi silakan segera hubungi dokter spesialis kandungan terdekat.