Selasa, 29 Mei 2012

Interpretasi Pemeriksaan Hepatitis C


Tanya:

Dear dokter, Saya termasuk donor darah yg rutin walaupun hanya dilakukan pas lagi ada mobil unit dan saya udah donor 9x nah pas mo donor yang beberapa waktu lalu sama dokternya ditolak, karena ada hasil uji sharing yg menyatakan reaktif, terus saya disuruh menghubungi bagian konseling.

Setelah konseling menurut bagian konseling bahwa berdasarkan uji sharing atas darah saya waktu donor, ternyata ada reaktif yang menyatakan positive HVC, sehingga saya tidak boleh donor lagi. Karena penasaran dan saran dari bagian konseling tsb saya ingin mengecek lagi di LAB lalu dibuatkan pengantar oleh petugas konseling untuk pengecekan ke LAB dan setelah di periksa di LAB. Hasilnya adalah sbb:

Nama Pemeriksaan Hasil Nilai Rujukan Satuan
Keterangan
IMUNO SEROLOGI
Anti-HCV Non Reaktif Non Reaktif
Indeks:
Indeks : 0.05
<0.80 Non Reaktif
0.80 -<1.0 Borderline >= 1.0 Reaktif

Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah Hasil saya yg menyatakan Non reaktif artinya saya Negatif HVC atau apa?
2. apa arti indeks Non reaktif, borderline, dan reaktif ?
3. Dengan hasil saya tersebut apakah saya perlu melakukan pengecekan lebih lanjut untuk lebih meyakinkan kalo perlu kira-kira pengecekan apa yach?
Demikian sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Salam Hangat,
Hakeem

Jawab:



Dari hasil pemeriksaan di PMI hasilnya tes Hepatitis C adalah potitif, akan tetapi setelah dilakukan pemeriksaan ulang di prodia adalah non reaaktif atau tidak didapatkan antibodi (kekebalan tubuh) terhadap virus hepatitis C. Selamat dulu, artinya saat ini anda tidak sedang dalam serangan virus hepatitis C.

Mengapa di PMI hasilnya positif, itu artinya positif palsu. Negatif tapi menghasilkan positif tapi palsu. Di dalam pemeriksaan laboratorium, sekarang lebih sering digunakan non reaktif yang artinya negatif, borderline artinya meragukan , bisa nantinya berubah menjadi positif atau negatif. Sedangkan reaktif artinya positif.

Kalau hasil sekarang sudah non reaktif, tentu aman, dan tidak perlu dilakukan pemeriksaan ulang. Insya Allah kalaupun diperiksa lagi akan tetap negatif.