Sabtu, 12 Mei 2012

Mengatasi Luka Lambung Akibat Helicobacter Pilory?


Tanya:


Pak Dokter yang baik, saya ada pertanyaan.
Bagaimana membunuh helicobacter pilory penyebab luka lambung?
ardy.yusuf@yahoo.co.id

Jawab:

Salah satu penyebab radang lambung (gastritis) adalah adanya kuman helicobater pylori. kuman ini tidak diketahui datangnya darimana, tapi diketahui hanya dapat tumbuh hanya di lambung kita. Pada awalnya kita mampu mengatasi keberadaan kuman tersebut. akan tetapi kalau jumlahnya banyak akan mengganggu lambung kita kemudian menyebabkan radang lambung atau gastritis.

Gejala gastritis yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah: kembung, mual, nyeri di uluhati, kadang ada rasa mau muntah. perih seperti diiris iris di daerah perut bagian tengah. Bagaimana kita mengetahui bahwa di lambung ada kuman helicobacter pylori? Dengan melakukan pemeriksaan gastroskopi dengan memasukkan alat ke dalam lambung kemudian dengan alat tersebut diambil sedikit jaringan lambung dan diperiksakan ke laboratorium Patologi anatomi.

Apabila ditemukan kuman tersebut maka diperlukan pengobatan dengan tiga macam obat. Biasanya diberikan amoksilin, claritromicin dan omeprazol selama 7 (tujuh hari). Umumnya setelah pemberian obat tersebut maka kuman tersebut akan musnah dan keluhan gastritis atau radang lambungnya akan berkurang bahkan bisa hilang sama sekali.

Akan tetapi pada beberapa kasus, keluhan gastritis akan masih ada sampai beberapa hari bahkan beberapa minggu pasca pemberantasan kuman tersebut. Jadi sangat individual. Kalau merasa ada keluhan gastritis dan curiga ada kuman helicobacter pylori sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.