Rabu, 23 Mei 2012

Biopsi

Di posting saya sebelumnya (kidney disease), ada istilah yang kurang familier bagi saya dan mungkin juga anda. "BIOPSI". Posting kali ini saya akan coba mengulas tentang biopsi.

PENGERTIAN

Biopsi adalah pengangkatan sepotong kecil jaringan untuk pemeriksaan laboratorium. Jaringan tersebut akan diperiksa di bawah mikroskop untuk membantu diagnosa. Karena itu, hanya dibutuhkan sampel yang sangat sedikit. 



BAGAIMANA TES INI DILAKSANAKAN?


Ada beberapa tipe biopsi yang berbeda.


Needle biopsy
BIOPSI JARUM, dokter akan mengeluarkan jaringan dengan menggunakan tabung hampa yang disebut syringe (jarum suntik). Sebuah jarum akan dilewatkan beberapa kali pada jaringan yang sedang diperiksa. Dokter bedah menggunakan jarum untuk mengeluarkan sampel jaringan. Biopsi jenis ini sering dilakukan dengan bantuan sinar X (biasanya CT scan atau USG), yang memandu ahli bedah ke area yang tepat.





Open biopsy

BIOPSI TERBUKA adalah prosedur pembedahan yang menggunakan pembiusan lokal atau umum. Hal ini berarti anda akan dibius (keadaan santai atau tertidur), sehingga tidak akan merasakan sakit selama prosedur pembedahan. Prosedur ini dilakukan di ruang operasi rumah sakit. Dokter bedah akan membuat luka pada daerah yang diperiksa, lalu jaringan dikeluarkan.

Close biopsy - gastroscopy
BIOPSI TERTUTUP menggunakan pembedahan yang jauh lebih kecil dari biopsi terbuka. Dibuat sebuah luka kecil, sehingga alat-(semacam kamera) dapat disisipkan. Instrumen ini memandu dokter ke tempat yang tepat untuk mengambil sampel.








 PERSIAPAN SEBELUM MELAKUKAN TES


Konsultasikan ke dokter, jika anda perlu menghentikan konsumsi obat-obatan sebelum operasi, terutama obat yang dapat memicu perdarahan. Seperti aspirin, coumadin, dan obat anti inflamasi (NSAID).


Bicarakan juga obat herbal yang anda pakai. Jangan pernah berhenti atau mengubah obat, tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.


BAGAIMANA RASANYA?

Pada biopsi jarum, anda akan merasakan semacam cubitan kecil dan tajam pada bagian tubuh yang dibiopsi. Tetapi dalam biopsi terbuka atau tertutup, anestesi lokal atau umum akan digunakan untuk membuat prosedur operasi menjadi bebas rasa sakit.


MENGAPA BIOPSI DILAKUKAN?

Umumnya biospsi dilakukan untuk memeriksa/mendeteksi penyakit pada suatu jaringan tubuh.

HASIL NORMAL

Hal ini berarti sampel jaringan yang diperiksa, masih dalam keadaan normal

HASIL ABNORMAL

Hasil biopsi yang tidak normal menandakan bahwa jaringan atau sel memiliki struktur, bentuk, ukuran, atau kondisi yang tidak biasa.

Mungkin anda memiliki penyakit, seperti kanker, atau yang lain (tergantung pada hasil biopsi anda)


RISIKO

  • PERDARAHAN (Bleeding)
  • INFEKSI  

MACAM BIOPSI

Ada berbagai macam biopsi yang berkaitan dengan penyakit masing-masing:
  • Biopsi Hati 
  • Biopsi endometrial
  • Biopsi Prostat
  • Biopsi sumsum tulang
  • Biopsi kulit
  • Biopsi payudara
  • Biopsi usus halus
  • Biopsi ginjal
 Sekian, semoga bermanfaat. SALAM HOKI !
sumber: netdoctor ; US National Library of Medicine (NLM)