Rabu, 23 Mei 2012

Kenapa BAB Berdarah?


Tanya:

Dear Dr.Muchlis, siang dok.
Saya mau tanya,, setiap kali saya buang air besar selalu susah dan kadang suka disertai keluarnya darah segar. Apakah itu penanda bahwa saya terkena ambeien? Dan bagaimana solusi nya agar saya dapat buang air besar secara normal lagi?

Thanks, Dea,

Jawab:



Dear Deya, buang air besar selalu susah dan kadang disertai dengan keluarnya darah bisa disebabkan karena gangguan pencernaan (di usus besar). Sebagian pasien disebabkan karena kekurang enzim pencernaan: amilase, dan lipase. Untuk itu, bisa dicoba mengkonsumsi obat penambah enzim pencernaan yang bisa didapatkan di apotik.
Buang air besar susah bisa juga disebabkan karena kurangnya air yang kita minum, sebab, untuk proses pencernaan di daerah usus besar diperlukan cairan yang jumlahnya cukup. apabila kurang maka akan menyebabkan kotoran yang dihasilkan menjadi keras (kurang lembek). Akibatnya pada saat buang air besar menjadi kesulitan.

Buang air besar yang disertai darah bisa disebabkan antara lain: ambeien (pelebaran pembuluh darah di sekitar anus atau dubur). Ambeien atau wasir, ada dua jenis: interna (di sebelah dalam dari dubur kita) dan eksterna (di sebelah luar dubur kita). Kalau ambeien interna (hemoroid interna) tidak dapat kita rasakan saat kita membersihkan kotoran setelah buang air besar, kalau ambeien eksterna (hemoroid eksterna) dapat kita raba saat kita membersihkan kotoran. Keduanya dapat menyebabkan perdarahan saat buang air besar.

Penyebab lain dari perdarahan saat buang air besar adalah penyakit kolitis atau infeksi/peradangan di usus besar kita.
Hal ini bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan kolonoskopi.

Perdarahan saat buang air besar yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan anemia (Hb turun sampai jauh di bawah normal), yang kadang memerlukan transfusi darah untuk mengoreksi anemianya. Kadang pasien masuk rumah sakit justru karena anemia bukan karena keluhan di perdarahan saat buang air besar.
Untuk memastikan hal tesebut Deya bisa periksa ke dokter spesialis penyakit dalam, atau lebih khusus lagi ke dokter spesialis penyakit dalam, konsultan gastroenterologi.

Silakan ke rumah sakit kariadi, nanti akan dibantu.