Senin, 28 Mei 2012

Penderita Diabetes Bisa Sesak Napas?


Tanya:

Dear Dok..Ibu saya punya penyakit diabetetes, tapi baru ini sesak nafas ketika sedang istirahat tidur siang. Apakah sesak nafas ini terjadi akibat dari penyakit diabetes atau ada pangaruh dari faktor lain? Ibu saya berusia 59 tahun, sempat ke dr. umum obat yang dikasih obat maag, namun tidak berpengaruh, masih saja sesak nafas. Apa yang harus dilakukan sebagai tindakan awal?
Terimakasih atas saran dan solusinya.

lind

Jawab:



Penyakit diabetes mellitus, adalah penyakit kronis (tahunan). Karena berlangsung lama, akan mudah terjadi komplikasi. Salah satu komplikasi yang mungkin timbul adalah Penyakit Jantung Iskemik, akibat pembuluh darah di jantung mengalami kekakuan (karena gula darah yang tinggi menyebabkan aterosklerosis = kekakuan pembuluh darah).
Sangat mungkin, ibunda sedang mengalami Penyakit Jantung Iskemik, yang mengakibatkan jantung tidak bisa menjalankan tugas semaksimal mungkin. Sehingga jantung sebagai alat pemompa darah tidak bisa berfungsi maksimal (mengalami payah jantung = Dekompensasi Kordis). Akibanya, kebutuhan darah bagi semua organ tubuh tidak terpenuhi sepenuhnya. Paru-paru akan protes dengan jalan sesak nafas.

Untuk itu diperlukan pemeriksaan ekhokardiografi guna melihat seberapa jauh fungsi jantung masih dapat ditoleransi? Kadang diperlukan juga pemeriksaan Treadmill untuk mendapatkan rekomendasi aktifitas apa saja yang masih diperbolehkan untuk ibu.
Jadi segeralah periksa ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk diperiksa rekaman jantung (elektrokardiografi =ekg) dan mendapat pertolongan pertama pada jantung yang mulai mengalami kepayahan.

Semoga ibunda dapat memperoleh pelayanan yang baik agar jantung ibu bisa kembali bekerja lebih optimal. Untuk kembali normal seratur persen kadang agak kesulitan, paling tidak kita bisa mempertahankan fungsi jantung yang masih ada agar tidak turun ke kondisi yang lebih payah.