Jumat, 25 Mei 2012

Kenapa Detak Jantung Tak Beraturan?


Tanya:

Saya ingin bertanya, mengapa denyut jantung isteri saya tidak beraturan? Saya sudah periksakan ke dokter spesialis jantung, dokter spesialis jantung mengatakan tidak apa-apa, bukan penyakit jantung. Apa sebenarnya penyakit tersebut? O, iya…sebagai tambahan isteri saya berusia 42 tahun. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Sukses selalu untuk Dokter.

Peter Lie

Jawab:



Jantung kita merupakan organ vital yang tidak mengenal lelah. Jantung selalu berdenyut setiap menit sekitar 60-80 kali tanpa berhenti sedetikpun. Fungsi jantung memompa darah ke seluruh tubuh sesuai kebutuhan metabolisme. Apabila metabolisme meningkat (saat demam, bekerja keras, berolah raga, cemas, kurang tidur) maka denyut jantung secara otomatis akan meningkat frekuensi per menitnya.

Pada beberapa orang, irama jantung kadangkala tidak normal. Ada denyutan ekstra, yang di sebut Ventrikel Extra Sistole (VES). Ini bisa merupakan variasi normal yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memompa darah di luar kebutuhan dasar.

Apabila didengarkan dengan stetoskop bisa diketahui adanya denyutan tidak teratur yang di luar kebiasaan. Jika direkam dengan elektrokardiografi (EKG) bisa tampak jelas adanya irama yang di luar kebiasaan. Irama jantung yang tidak teratur tetapi berjalan secara teratur ini bukanlah suatu penyakit, akan tetapi merupakan variasi normal dari jantung.

Jelaslah hal ini bukanlah suatu kelainan yang perlu dikhawatirkan, terutama kalau fungsi jantung dalam memompa darah tetap berjalan sesuai kebutuhan. Jadi, tidak perlu dicemaskan.