Selasa, 15 Mei 2012

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal
Selama ini saya menganggap gagal ginjal adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Anggapan saya seolah terbantahkan setelah menonton iklan pengobatan herbal di televisi yang melibatkan kesaksian seseorang tentang pengalamannya sembuh dari gagal ginjal. Awalnya saya ragu dengan iklan tersebut, paling-paling kesaksian itu dimanipulasi demi keuntungan semata, pikirku.

Akhirnya aku coba search di internet, ternyata gagal ginjal itu ada 2 macam, akut dan kronis. Untuk gagal ginjal akut, masih ada peluang sembuh dengan pengobatan tertentu. Sedangkan gagal ginjal kronis, sangat kecil kemungkinan untuk sembuh. Penderita gagal ginjal biasanya diberi 2 pilihan, cuci darah berkala, atau cangkok ginjal.

Tetapi yang penting adalah kesembuhan itu datangnya dari Tuhan, jika Tuhan menghendaki, maka segala macam penyakit dapat disembuhkan!

Pada posting kali ini, saya ingin mengulas "Gagal Ginjal Akut (Acute Renal Failure)"

Gagal ginjal akut juga sering disebut sebagai "sudden kidney failure", atau gagal ginjal yang datang tiba-tiba. Sedangkan gagal ginjal jangka panjang termasuk ke dalam "chronic kidney disease".

APA ITU GAGAL GINJAL AKUT?

Gagal ginjal akut (juga disebut sebagai acute kidney injury) adalah keadaan dimana ginjal tiba-tiba berhenti bekerja. Dalam kondisi normal, ginjal mengeluarkan zat sisa dan membantu menyeimbangkan air, garam, serta mineral (elektrolit) dalam darah. Tetapi ketika ginjal berhenti bekerja, zat sisa, cairan, dan mineral lain akan menumpuk di tubuh. Hal ini dapat menimbulkan masalah yang bisa mematikan.


PENYEBAB GAGAL GINJAL AKUT

Tiga penyebab utama gagal ginjal akut:
  1. Suplai darah ke ginjal menurun drastis secara tiba-tiba.
    Kehilangan darah dalam jumlah banyak, cedera, atau infeksi buruk (disebut juga sepsis) bisa mengurangi aliran darah ke ginjal. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) juga bisa membahayakan ginjal.
  2. Kerusakan yang diakibatkan oleh obat, racun atau infeksi.
    Kebanyakan orang tidak mengalami gangguan apapun pada ginjal, selama mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi orang yang memiliki masalah kesehatan serius dan berkepanjangan, lebih memungkinkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Contoh obat-obatan yang berpotensi membahayakan ginjal:
    • Antibiotik, seperti gentamicin dan streptomycin
    • Obat nyeri, seperti aspirin dan ibuproven
    • Beberapa obat tekanan darah, seperti ACE inhibitor
    • Pewarna yang digunakan dalam beberapa X-ray test.
  3. Penyumbatan mendadak yang membuat urin tidak bise mengalir dari ginjal
    Batu ginjal, tumor, luka, atau pembesaran kelenjar prostat dapat menyebabkan penyumbatan.
Kemungkinan terserang gagal ginjal akut lebih besar, jika:
  • berusia lanjut
  • Mempunyai masalah kesehatan berkepanjangan, misal: penyakit ginjal atau hati, diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau obesitas
  • Anda sudah sangat sakit dan menjalani perawatan intensif (ICU). Operasi jantung atau perut, atau juga transplantasi sumsum tulang, dapat membuat kemungkinan terkena gagal ginjal menjadi lebih besar.

GEJALA


Gejala gagal ginjal akut adalah sebagai berikut:
  • Urin sedikit bahkan tidak keluar urin sama sekali saat kencing
  • Terjadi pembengkakan, khususnya pada kaki.
  • Tidak merasa seperti makan
  • Mual dan muntah
  • Merasa bingung, cemas dan gelisah, juga mengantuk
  • Nyeri di bagian belakang tepat di bawah tulang rusuk, disebut juga nyeri panggul (flant pain)
Beberapa orang mungkin tidak memunculkan gejala sama sekali.



DIAGNOSIS


Gagal ginjal akut paling sering didiagnosis ketika opname karena penyebab lain. Ketika anda sudah berada di rumah sakit, tes yang dilakukan untuk masalah-masalah lain mungkin akan menemukan gagal ginjal anda.

tes darah

Jika anda tidak sedang berada di rumah sakit, tetapi mendapati gejala gagal ginjal, dokter anda akan menanyakan tentang gejala yang anda alami, obat-obatan yang anda gunakan, serta tes kesehatan apa saja yang anda jalani. Gejala yang anda alami akan membantu menemukan penyebab masalah ginjal anda.


Tes urin dan tes darah dapat mengecek seberapa baik ginjal bekerja. Dengan pandangan kimia, anda bisa mengetahui kadar natrium (garam), potasium dan kalsium dalam tubuh. Anda juga bisa menggunakan USG. Dengan penggambaran USG, dokter dapat mengamati lebih lanjut kondisi ginjal anda.


PERAWATAN DAN PENGOBATAN

cuci darah
Seorang dokter atau spesialis ginjal (nephrologist) akan mencoba mengobati masalah yang menyebabkan kegagalan pada ginjal anda terlebih dahulu. Pengobatannya bisa bervariasi tergantung dari penyebabnya. Dokter mungkin perlu memulihkan aliran darah ke ginjal, menghentikan penggunaan obat-obatan yang mungkin menyebabkan masalah, atau menghilangkan penyumbatan pada saluran kemih.

Pada saat yang sama, dokter akan mencoba untuk:
  • Menghentikan penumpukan zat sisa pada tubuh anda. Anda mungkin harus menjalani cuci darah (hemodialisis). Perawatan ini menggunakan mesin untuk menggantikan fungsi ginjal sampai mereka pulih. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik.
  • Mencegah timbulnya masalah lain. Anda bisa mengkonsumsi antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi. Anda juga bisa mengkonsumsi obat lain untuk membuang kelebihan cairan dan menjaga keseimbangan mineral di tubuh anda.
Anda bisa mengoptimalkan proses penyembuhan dengan mekonsumsi obat yang direkomendasikan dokter. Anda juga harus mengikuti diet khusus untuk menjaga ginjal anda dari pekerjaan yang terlalu berat. Anda mungkin perlu untuk membatasi jumlah natrium, kalium, dan fosfor. Seorang ahli diet akan membantu anda dalam mengatur makanan.

APAKAH GAGAL GINJAL AKUT ADALAH PENYAKIT BERKEPANJANGAN?

Untuk kasus ini, dokter masih dapat memperbaiki masalah yang menyebabkan gagal ginjal, dan pengobatannya memerlukan waktu beberapa hari atau minggu. Jika berhasil sembuh, ginjal penderita gagal ginjal akut akan bekerja cukup baik, untuk menjalani kehidupan normal.

Tetapi, beberapa orang mungkin mengalami kerusakan ginjal permanen yang mengarah ke gagal ginjal kronis. Mereka akan membutuhkan cuci darah teratur atau transplantasi ginjal. Pada orang yang lanjut usia, atau mereka yang sudah sangat sakit, mungkin tidak merasa lebih baik dalam pengobatannya. Itulah mengapa gagal ginjal kronis bisa mengarah pada kematian.



Semoga bermanfaat, Salam Hoki !
sumber: webmd.com