Kamis, 31 Mei 2012

Kenapa Berat Badan Susah Naik?


Tanya:


Dok, saya seorang mahasiswi berumur 22 tahun,tinggi saya 152 cm dan berat badan saya terakhir di timbang 35 kg. Saya termasuk cewek yang langsung bukan langsing. Yang ingin saya tanyakan dok, kenapa berat badan saya tidak mau naik padahal saya sudah makan 3-5 kali sehari. Apa2 saja faktor yang mempengarui kegemukan? Apakah ada kaitannya dengan keturunan.. Terima kasih.
Lala

Jawab:



Lala, berikut jawabannya.
Penyebab penurunan berat badan bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Kalau ada genetis berat badan ringan, maka apapun konsumsi kita, tetap saja berat badan kita di sekitar batas paling rendah.

Penyebab berikut adalah penyakit metabolik: diabetesa mellitus dan hipertiroid. Coba periksa gula darah dan Free T4 , TsHs.
Penyebab lain adalah penyakit infeksi seperti TBC, coba periksa ke dokter apakah ada penyakit TBC.
Selanjutnya kanker atau tumor juga menyebabkan BB susah naik.
Ada lagi yaitu gangguan penyerapan di usus halus dan usus besar.
Jadi segera hubungi dokter untuk dicari apa yg menyebabkan BB susah naik.