Kamis, 10 Mei 2012

Bisakah Operasi Ginjal Dihindari?


Tanya:

Maaf dok saya ingin menanyakan sesuatu. Bapak saya sudah pernah operasi ginjal, sekitar 8thn yang lalu. Sekarang beliau merasakan sakit lagi. Setelah dikonsultasikan ke dokter, beliau diminta untuk operas, mengangkat 1ginjalnya. Tapi beliau tidak mau karena sudah trauma dengan operasi. Sementara ini beliau melakukan cuci darah.

Apa dengan cuci darah saja bisa sembuh dok? Apa ada cara lain selain operasi? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Wahyu Olivia

Jawab:



Sdr Wahyu

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk membersihkan kotoran atau sisa metabolisme yang melewati darah kita. Sehingga, seolah ginjal berfungsi untuk mencuci darah. Apabila ginjal kita telah rusak (bisa karena infeksi, batu ginjal, komplikasi Diatebes Mellitus atau Hipertensi), maka langkah yang bisa kita ambil untuk membersihkan darah adalah dengan cuci darah.

Mungkin operasi yang dulu dilakukan adalah untuk mengangkat batu di ginjal. Batu di ginjal bisa muncul berulang di ginjal yang sama atau di ginjal yang satunya.. Jadi sangat mungkin operasi ginjal yang sekarang juga untuk mengangkat batu di ginjal yang muncul kembali.
Kalau tidak dilakukan operasi pengangkatan batu maka akan merusak fungsi ginjal dan akhirnya harus dilakukan cuci darah yang mungkin berlangsung seumur hidup.

Agaknya tidak ada alternatif lain selain operasi pengambilan batu dan cuci darah.Dengan cuci darah tidak akan menyembuhkan sakit ginjalnya kalau sudah berlangsung lama. Jadi cuci darah hanya membantu fungsi ginjal. Agar dapat membersihkan darah kita yang kotor. Dan itu berlangsung terus menerus.

Jadi mohon bersabar dan semoga ayahanda kuat menjalani cobaan ini.