Selasa, 01 Mei 2012

Gadget untuk Mahasiswa Kedokteran?

Teringat akan pembicaraan teman-teman, sekitar beberapa bulan yang lalu. Waktu itu iPad 3 (versi terbaru) keluar, dan jadi trending topic "classwide" LoL. Sekelas ramai membicarakan itu. Saya yang belum pernah memegang gadget-gadget kelas "esketutif" seperti itu, akhirnya lebih milih diam (daripada ketahuan "villager"nya :p). Yang mereka bicarakan ya tentang, fitur-fiturnya lah, harganya lah, bikin pengen hoi !

Saya baru respon ketika salah seorang teman saya (tidak mau disebutkan namanya), mengatakan kalau IPhone, IPad itu gadget yang populer di kalangan anak FK. Langsung tertancap di otak saya saat itu kalau Fakultas Kedokteran itu tempatnya mahasiswa-mahasiswa elit. Kalangan borjuis yang punya modal besar untuk studi mereka. Padahal, sebuah filosofi sudah lebih dulu nyantol di otak saya, "raih kesuksesan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya". Itu filosofinya orang ekonomi bukan ya? Biar ah, dokter sp ekonomi langka loh, haha.

Waktu aku tanya dia, kenapa kok IPad dan IPhone banyak digunakan mahasiswa FK. Dia menjawab, karena Apple banyak menyediakan produk-produk penunjang studi kedokteran. Hmm, saya penasaran softwarenya seperti apa.

Akhirnya saya mengambil langkah, tapi berbulan-bulan setelah kejadian itu. Ya! Hari ini saya mulai mencari tahu software-software di Apple Store. Ternyat banyak sekali aplikasi yang tersedia ! Dan berikut beberapa software yang saya temukan:


Dari sekian banyak software, saya ambil beberapa yang kiranya pas untuk mahasiswa FK:


1. MEDICAL ENCYCLOPEDIA by UMMS (Univ of Marriland Medical Center)



IPhone-screenshot














Semacam ensklopedi mini, tetapi mungkin terlalu mini untuk para tenaga medis profesional. Database aplikasi ini kecil sehingga informasi yang dimuat belum terlalu kompleks. Mungkin database dan fasilitasnya akan diperbarui di versi berikutnya. visit App Store to buy and download this


2. Human Anatomy by SusaSoftX


IPhone-screenshot














Aplikasi edukasi yang sebenernya simpel untuk mahasiswa kedokteran. Berisi database berupa 19 biological system. visit App Store to buy and download this

3. Color Blind Test by Tomato co.LTD


IPhone-screenshot














Aplikasi yang kiranya berguna untuk para dokter. Sama seperti buku color-blind test yang lainnya. hanya saja ini versi digital. visit App Store to buy and download this

4. Drugs and Medications by Kavapoint LLC


IPhone-screenshot














Aplikasi ini mendapat respon bagus dari para penggunanya. Semacam kamus obat-obatan.
visit App Store to buy and download this


5. Medical Wizards Library by Medical Wizards Corp.


IPhone-screenshot














Aplikasi gratis ! Aplikasi yang membantu tenaga medis profesional dalam mengambil keputusan.
visit App Store to buy and download this

6. Medical Terminology and Abbreviations Quick Reference by Phantom Particle

IPhone-screenshot




 Aplikasi ini membantu anda dalam memahami singkata atau istilah dalam dunia medis.
visit App Store to buy and download this

7. Medscape by WebMD

IPhone-screenshot















Aplikasi dari situs Medscape. Karena terhubung dengan situs medis terkemuka, aplikasi ini menjadi sangat informatif and terupdate. Aplikasi ini banyak digunakan oleh mahasiswa kedokteran dan tenaga medis profesional.  Apalagi aplikasi ini FREE. 5 of 5 for this Apps !
visit App Store to buy and download this

Itulah beberapa aplikasi Apple gadget yang bisa membantu anda. Ah sumpah, bikin pengen. Minta doanya aja ya, semoga saya bisa beli :P

Eits, tapi tunggu dulu! Gadget adalah salah satu alternatif dari berjuta alternatif di luar sana. Jangan memaksakan diri. Lagipula, anda akan lebih diakui jika anda meraih SUKSES MAKSIMAL dengan FASILITAS MINIMAL, ya kan? So, posting kali ini hanya untuk share saja. Saya tidak menganjurkan loh, hehe.

Semoga bermanfaat, Salam Hoki !