Senin, 03 Oktober 2011

Aku Ikhlas Suami ku Kawin Lagi…


Aku Ikhlas Suami ku Kawin Lagi…



Cerita nyata yang sangat luar biasa dari kejadian nyata dalam kehidupan kita.

Seorang ibu berusia 30 tahun yang mempunyai anak 3 orang: 10 tahun, 5 tahun dan 10 bulan. Suami istri kerja swasta

Dimana saat ini suami mau kawin lagi dan telah mengatakan nya pada istri nya.
Karena si istri adalah umi yg taat pada agama dan mau membahagiakan abi nya, istri pun ikhlas suami nya nikah lagi. 

Alasan abi menikahi ukhti sebagai istri adalah alasan kasian, karena ukhti ini dulu pernah kecewa pada laki-laki bahkan sampai mau bunuh diri dan sampai sekarang pun masih memutuskan untuk tidak jatuh cinta lagi karena takut kecewa lagi.

Saat pertama ketemu abi pd suatu training d kota X, ukhti ini langsung jatuh hati, diamerasa sangat suka sama abi walaupun hanya berani sebatas basa basi dan tak berani mengungkapkan langsung isi hati pada abi.
Akhirnya melalui komunikasi yang intens melalui telpon dan sms, abi dan ukhti akhir nya saling jatuh cinta dan berencana untuk  menikah. Agar pernikahan lancar maka abi tak mau berbohong kepada umi, maka dikatakan nyalah bahwa dia mau menikah degan ukhti tersebut.

Tak ada pikiran negatif, tak ada rasa sakit..umi menerima saja apa yang di katakan abi dan siap menerima, bahkan siap menikahkan mereka kalau memang abi dan ukhti dapat benar-benar bahagia dengan pernikahan itu.

Bahkan umi pun sekarang sering ngobrol via telp dan sms pada ukhti tersebut. Hal ini di lakukan karena jarak antara abi + umi dan ukhti beda pulau. Abi pun baru ketemu ama ukhti ini baru 2x saja kata abi tapi abi sering telp dan sms ukhti maka cinta dan sayang mereka sepertinya tak dapat di redam lagi.

Umi begitu yakin bahwa dia dapat menerima permintaan abi nya, sepertt nya sangat ikhlas, tetapi ternyata tetap ada hal yg mengganjal karena itu lah umi datang ketempat saya.
Umi pun bercerita dengan santai, rileks dan benar-benar dengan nada suara dan wajah yang santai tanpa ada rasa negatif yg nampak dari luar saat dia bercerita kepada saya. Bahkan saat saya meminta umi untuk membayangkan abi nya asik bersama ukhti, mereka makan bersama, nonton dan jalan bersama, dan kegiatan lain nya bersama, umi pun benar-benar dapat menerima nya. Sekali lagi saya memancing imajinasi umi tuk benar-benar mengetahui apakah umi benar-benar ikhlas, saya pun meminta umi tuk membayangkan abi berkencan dan bercinta dengan ukhti nya itu, umi pun tetap merasakan enjoy saja, benar-benar tak ada pikiran negatif dan perasaan tak bermanfaat yang muncul dan dirasakan.

Saya pun akhir nya bertanya : kalau tak ada yg salah dan ikhlas saja berarti tak ada masalah dan tak ada yang perlu di permasalahkan donk!!”..

Iya jawab umi...tapi....

Nah dari kata tapi ini lah berarti ikhlas ny jd tak benar-benarikhlas. “Tapi apa umi?”katasaya pada nya..

Tapi yang saya permasalahkan adalah kenapa abi tak menceritakan ini semua dari awal, saya jadi merasa abi membohongi saya”, kata umi

Wow..pernyataan yang cukup mengejutkan dan tak sinkron..

Dapatkah anda semua melihat dan merasakan ketidak sinkronan nya ini?

Ok..pada hal umi telah mengatakan saya ikhlas sewaktu abi menceritakan nya tapi saya tak ikhlas kenapa abi baru saja menceritakan nya, saya yakin ada banyak hal yg d tutupi dan bahkan mungkin ada kebohongan abi saat menceritakan semua ini pd umi.

Mari kita tengok kasus ini : adakah hal tersebut menjadi penting untuk umi permasalahkan? Pada hal umi telah mengatakan nya : benar-benar ikhlas, tak ada pikiran yang berkencamuk, tak ada rasa yg membuat kecewa saat abi mengatakan hal itu.

Umi pun tersentak menyadari nya : iya ya dok yah..ko saya jadi mempermasalahkan, kan..harus nya memang benar-benar1 paket ikhlas atas semua itu tanpa ada kata tapi nya...

Sekarang umi cek atas perasaan tersebut : apakah benar atas pikiran yang d rasa bahwa abi berbohong yg membuat umi sakit hati...

Umi pun mencek pikiran dan perasaan nya atas hal itu...

Karena pikiran yang di rasakannya inilah yg memunculkan rasa sakit hati umi dan membuat umi gelisah, bahkan sulit tidur..

Benar kata umi….

Saat umi mencek atas pikiran dan perasaan itu..umi pun merenung sejenak...Bener juga yah kata umi..ko saya harus mempermasalahkan nya lagi!!..

Kalau begitu kata saya : seberapa penting hal tersebut umi permasalahkan?, kalau umi memang benar-benar ikhlas!!..

Ya harusnya tak penting kata umi..Kalau begitu ada manfaat nya nga kalau umi mengingat hal tersebut? Ya..nga penting donk kata umi. Adakah umi merasa ada kerugian saat umi mengingat pikiran yang dirasakan itu..Ya pasti ada dong, seperti yang saya rasakan  saat ini kata umi...
Ok..sekarang umi ingat lagi pikiran tersebut dan rasakan perasaan apa sekarang yang muncul saat pikiran tersebut umi panggil atau ingat kembali, senyata-nyata nya seperti saat-saat tertentu umi mengingat atau teringat?
Umi pun terdiam dan duduk sambil memejamkan mata nya tuk mengingat kembali pikiran dan perasaan nya tersebut.
Saya beri waktu cukup lama. Dan umi pun berkata : ko sulit dok saya tuk mengingat dan merasakan nya kembali, bahkan menghadirkan gambaran nya dipikiran saya pun sangat sulit.

Ok saya bilang...Saya tau umi, pikiran dan perasan tersebut terpanggil dapat jadi bukan pada saat umi duduk, dapat jadi pikiran tersebut muncul dan terpanggil saat umi beraktifitas. Saya pun berdiri memberi contoh, misal nya saat berjalan terus keingat hal tersebut, saat berbincang dgn yg lain maka memori tersebut terpanggil, saat menikmati suasana rumah atau yg lain mungkin terpanggil hal tersebut, sambil saya mencontohkan nya.

Iya kata umi, sambil mengingat-ingat kembali bahwa pikiran yang dirasakan itu muncul pada kondisi dan saat tertentu..ok saya ikuti apa kata dokter..sambil santai beraktifitas umi melakukan apa yg saya contohkan.
Dan umi pun teringat bahwa Pikiran dan perasaan tersebut menjadi terpanggil dan muncul saat saya menelp abi kata umi.

 Ok saya bilang..sekarang telp lah abi nya...
 Umi pun keluar kamar praktek dan menelpon abi nya.
Tak berapa lama umi pun masuk dan berkata nga ada perasaan seperti yang dulu lagi dok kata nya

 Wow..sip..mantap umi,kata saya

Sekarang umi santai rileks saja dan cek sekali lagi, yakinkan diri umi, apakah pikiran dan perasaan tersebut masih ada, dan cek juga bagian tubuh umi barangkali masih ada yg tak mau menerima nya seperti dada yg terasa mangkel,  Kepala yang di rasa masih berat, pundak yg terasa kaku, dan lain sebagai nya.
Saya pun memberi waktu kepada umi beberapa saat tuk merasakan nya...

Sekitar 2-3 menit umi merasakan nya, umi pun berkata gimana agar perasaan tersebut benar-benarhilang dok.

Wow..saya pun terkejut,berarti perasaan tadi cuman hilang sebentar, terutama saat saya memanipulasi pikiran dan perasaan nya.

 Ok..saya bertanya lg pd umi : apakah perasaan nya masih sama persis seperti sebelum saya melakukan terapi atau pada saat baru datang tadi?

Umi pun mengatakan nya jauh banget sih bedanya, tersisa 50% lah karena saya tau dan menyadari bahwa kalau ikhlas ya ikhlas lah 1 paket atau 100%..

Sip,saya bilang!!!..Kalau begitu umi cek lagi, hal apa lagi yang menyebabkan rasa itu masih tak dapat hilang 100%, padahal umi sudah sangat sadar bahwa harus ikhlas sepenuh nya?..

Umi pun merenung kembali...

Tak lama dia pun cerita lagi. Dan kali ini dia cerita dengan tangisan dan suara yg sedu...

Dok, suami saya mengatakan bahwa abi sangat sayang sama umi dan keluarga.  Abi Benar-benar sangat sayang, sambil umi menangis tersedu dan kadang terputus cerita nya.  Umi juga mengatakan, sepertinya anak kami yg berusia 10 bulan pun tau atas apa yg terjadi dengan kami, abi dan umi nya. Beberapa hari ini abi nya sedang keluar kota dan anak kami itu tidur nya sangat gelisah, sepertt nya dia benar-benar tau dan dapat merasakan apa yang terjadi dengan abi dan umi nya.  Saya pun menelpon abi nya saat anak kami tersebut tidak tidur dan gelisah. Abi pun sekali lagi berkata : umi katakan pada anak kita, abi sayang banget sama dia dan abi minta maaf atas apa yang terjadi saat ini. Abi juga sangat sayang sama umi.

Tambah menjadi-jadi menangis nya umi di depan saya. Saya katakan : menangislah umi, karena siapapun orang tua saat berbicara kasih sayang nyapada anak nya pastilah terharu..Iya kata umi...

Saya izinkan sebentar umi menikmati tangis nya hingga berhenti... 

Kemudian umi pun berkata : dok, sebenarnya bukan karena bohong nya yang saya sesalkan..Trus apa kata saya yang umi sesalkan..Yang saya sesalkan adalah kata-kata dia : kata nya sayang banget sama saya tapi ko dia tega-tega nya menghianati saya...

Saya pun kembali melakukan terapi pada pikiran dan perasaan nya ini. Dan akhir nya umi pun menjadi plonk dan ikhlas atas semua yg terjadi, ikhlas atas keputusan ikhlas nya dan bersikap yg terbaik untuk abi nya dan terutama belajar hal apa yang menyebabkan abi nyaberpikir bahwa ukhti itu sangat ok sehingga dapat mengalahkan rasa yang dimiliki nya pada saya dan terbagi kepada si ukhti itu tanpa tau sebesar apa pembagian sayang dan cinta abi kepada mereka berdua, dan seberapa besar sayang dan cinta abi yang tersisa pada nya dan keluarganya ini.

Inti nyadisini adalah bukan masalah jaminan masuk surga dan neraka karena ikhlas mengawinkan suami kalau harus menjadikan dunia sebagai neraka kita. Apapun keputusan yg kita ambil adalah hasil dari proses berpikir kita yang telah kita putuskan, berarti kita telah benar-benar dengan matang memikirkan nya dipikiran, bukan berasal dari keputusan emosional yg tak sempat di pikir.

Dan apa yang dipikir dan telah di putuskan maka wajiblah kita bertanggungjawab atas hal tersebut terutama tanggungjawab pd diri sendiri yaitu atas rasa yg muncul akibat pikiran tersebut. Congruenlah seutuh nya dan sepenuh nya atas apa yang kita pilih dan putuskan

Pikiran ok..maka Perasaan pun wajib ok. Bukan hanya pikiran yang ok tapi perasaan tetap sakit yg berarti kita sendirilah yg menyiksa dan menyantet diri kita sendiri.

Saya yakin masing-masing anda yg mengikuti cerita nyata ini punya pendapat dan perasaan pribadi masing-masing. Dan semua yang anda rasa dan anda pikirkan tak ada yang salah karena semua berasal dari pikiran yg dapat jadi hasil dari menghubung-hubungkan nya  dengan kenyataan hidup pribadi baik yang mengalaminya secara langsung atau mengalami nya  dari pengalaman org lain....

Bagi yang merasa tak nyaman atas cerita ini dan mau memaki-maki..maka makilah dan keluarkan lah apa yang anda pikirkan tuk melepaskan rasa yg termunculkan atas pikiran tersebut.
Salah khilaf saya mohon maaf atas cerita nyata d atas...silahkan diambil makna atau inside positif didalam nya..salam