Senin, 16 Juli 2012

Tentang Depresi

Depresi. Dalam dunia medis hal yang berkaitan dengan depresi memang banyak hal dapat digali. Karena masalah depresi ini bila dibiarkan berlarut-larut maka akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jiwa kita. Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba sharing sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan depresi dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Depresi adalah gangguan alam perasaan yang berat dan dimanifestasikan dengan gangguan fungsi sosial dan fungsi fisik yang hebat, lama dan menetap pada individu yang bersangkutan. Depresi adalah suatu jenis alam perasaan atau emosi yang disertai komponen psikologik seperti halnya rasa susah, murung, sedih, putus asa dan tidak bahagia, serta komponen somatik seperti halnya : anoreksia, konstipasi, kulit lembab (rasa dingin), tekanan darah dan denyut nadi sedikit menurun. Demikian kurang lebih dari pengertian depresi.

depresi, pengertian depresi, Blog Keperawatan

Seseorang yang mengalami depresi merasa energinya sangat berkurang sehingga tidak mampu melakukan aktibitas apapun, malas, melihat dengan cara pandang yang negatif, melihat tidak ada lagi yang berharga pada dirinya, dan seolah-olah hal tersebut tiada akhir. Hati-hati karena depresi ini juga merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.

Penyebab depresi juga beragam bentuknya. Beberapa hal dari penyebab depresi adalah :
  1. Faktor herediter serta genetik.
  2. Faktor neurologik. Disebut juha faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin.
  3. Faktor fisik.
  4. Faktor psikobiologi.
Depresi ini juga bisa dicetuskan karena beberapa hal. Pencetus depresi karena adanya faktor trauma fisik dan juga karena faktor psikologi.
Yang termasuk dalam kategori pencetus depresi karena faktor fisik diantaranya yaitu :
  • Penyakit infeksi.
  • Pembedah­an.
  • Kecelakaan.
  • Persalinan .
Sedangkan yang masuk sebagai faktor pencetus depresi karena faktor psikologi adalah :
  • Kehilangan kasih sayang.
  • Kehilangan harga diri.
  • Akibat kerja keras.
Depresi merupakan reaksi yang normal bila berlangsung dalam waktu yang pendek dengan adanya faktor pencetus yang jelas, lama dan dalamnya depresi sesuai dengan faktor pencetusnya. Depresi merupakan gejala psikotik bila keluhan yang bersangkutan tidak sesuai lagi dengan realitas, tidak dapat menilai realitas dan tidak dapat dimengerti oleh orang lain. tetapi bila dibiarkan berlanjut dan tidak mendapatkan penangan yang tepat tentunya depresi ini akan berpengaruh kepada kesehatan jiwa seseorang.

Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya sedikit mengenai depresi dan semoga hal mengenai gangguan depresi ini akan bisa berguna serta dapat memberikan manfaat dan juga menambah pengetahuan kita dalam bidang kesehatan ini. Dan bila ingin melihat depresi dari faktor keperawatan maka sahabat bisa membacanya mengenai askep pasien depresi dan semoga pula akan bermanfaat.