Rabu, 04 Juli 2012

Macam Jenis Penyakit Jantung

Macam Jenis Penyakit Jantung. Berbagai macam penyakit jantung senantiasa menghantui kita semua, baik itu penyakit jantung anak dengan beragam macam kelainan jantung bawaan atau pun berbagai macam penyakit jantung di semua umur. Bila melihat jenis penyakit jantung yang seringkali menimpa orang dewasa dan khususnya adalah dewasa pria salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Nah kali ini Blog Keperawatan akan sharing sedikit mengenai beberapa jenis penyakit jantung dan semoga bisa berguna serta bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dan juga mewaspadai berbagai ragam macam penyakit jantung ini.

Jenis penyakit jantung serta macam penyakit jantung sebenarnya banyak sekali sahabat, untuk itu Blog Keperawatan hanya akan share beberapa jenis penyakit jantung saja yang seringkali terjadi di kalangan masyarakat kita. Beberapa diantaranya penyakit jantung tersebut bisa menimbulkan kemamtian dalam jangka waktu relatif cepat bila tidak segera mendapatkan pertolongan serta penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat tentunya. Sehingga selain kita mengetahui akan berbagi macam jenis penyakit jantung, pencegahan penyakit jantung pun perlu kita ketahui. Karena pada dasarnya mencegah penyakit jantung akan jauh lebih baik daripada mengobati penyakit jantung itu sendiri.

jenis penyakit jantung, macam penyakit jantung, Blog Keperawatan

Macam penyakit jantung tersebut diantaranya yaitu :
  1. Akut Miokard Infark (AMI). Jenis penyakit jantung inilah yang paling banyak membunuh dari sekian banyak penderita sakit jantung. Proses penyakitnya berjalan dengan sangat cepat dan juga membutuhkan pertolongan dengan segera. Akut Miokard Infark ini secara mudahnya adalah kematian dari otot jantung karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner. Sedangkan fungsi pembuluh darah koroner adalah memberikan nutrisi ke otot jantung untuk bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Bila fungsinya terhambat, terganggu bahkan sampai tidak berfungsi maka akan berakibat fatal. Karena adanya penyumbatan ini, maka pembuluh darah koroner yang berperanan besar dalam menyuplai darah dan oksigen akan mengalami kerusakan bahkan sampai kematian mendadak. Diagnosa dan pengobatan yang tepat dapat menyelamatkan penderita dari kematian.
  2. Gagal Jantung Kongestif / CHF. Penyakit gagal jantung kongestif ini adalah satu dari jenis macam penyakit jantung. Yang dimaksud dengan gagal jantung kongestif adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Padahal fungsi jantung salah satu diantaranya yaitu fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan adanya kegagalan ini maka tubuh tidak tersuplai darah dengan baik. dan akan terjadi apa yang dinamakan dengan gagal jantung.
  3. Aterosklerosis. Penyakit jantung jenis ini kelainannya adalah penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak (berupa lemak dan kolesterol) sehingga menghambat serta menyumbat pasokan darah ke sel-sel otot. Aterosklerosis dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Bila terjadi pada dinding arteri jantung, maka disebut penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik.
  4. Penyakit Jantung Rematik. Penyakit jantung rematik ini biasanya menyerang pada anak-anak dan juga bisa merupakan penyebab penyakit katup jantung. Penyakit jantung rematik adalah penyakit jantung yang terfokus pada kerusakan pada katup jantung karena demam rematik, yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.
  5. Penyakit Katup Jantung. Jenis penyakit jantung ini sesuai dengan namanya maka penyakit ini menyerang pada katub jantung, sedangkan katup jantung itu mempunyai fungsi dalam mengendalikan aliran darah dalam ruang-ruang jantung. Kelainan katup jantung yang dapat mengganggu aliran tersebut, antara lain karena pengecilan (stenosis), kebocoran (regurgitasi), atau tidak menutup sempurna (prolaps). Kelainan katup dapat terjadi sebagai bawaan lahir maupun karena infeksi. Demikian yang dimaksud dengan Penyakit katup jantung.
Demikian tadi sahabat mengenai beberapa macam penyakit jantung dan semoga bisa berguna serta bermanfaat bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan jantung kita dari berbagai macam jenis penyakit jantung ini. Pada kesempatan yang lain mungkin akan dibahas bagaimana cara mencegah penyakit jantung karena pencegahan seperti yang diutarakan di atas akan jauh lebih baik daripada mengobati penyakit jantung.