Senin, 09 Juli 2012

Seputar Miopi (Rabun Jauh)

Kebetulan saya juga menderita miopi. Dimulai ketika saya kelas 4 SD hingga sekarang. Sering saya berpikir bagaimana caranya mengembalikan penglihatan saya seperti sedia kala. Biarlah waktu yang menjawab. Yakinlah suatu hari nanti akan ditemukan pengobatan mutakhir untuk miopi, semoga ...

Oke, sambil menunggu, mari kita simak beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar miopi:

Apa Itu Rabun Jauh (Myopia) ?

 Rabun jauh atau miopia (sebutan medis), adalah kondisi dimana visi pada objek yang dekat umumnya terlihat jelas, tetapi pada objek yang jauh terlihat kabur dan tidak pada fokus yang tepat.


Mengapa rabun jauh bisa terjadi ?

Myopia mechanism
 Ketika bola mata terlalu panjang atau kornea terlalu melengkung, cahaya yang masuk ke mata tidak bisa difokuskan dengan baik. Faktor keturunan biasanya berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan mata.
Beberapa bukti mendukung teori bahwa rabun jauh juga bisa disebabkan oleh ketegangan mata saat melihat terlalu dekat.

Seberapa umumkah rabun jauh?

Myopia in children
 Rabun jauh adalah kondisi penglihatan yang sangat umum di dunia. Biasanya terjadi pada anak-anak usia sekolah. Rabun jauh umumnya berkembang sebelum seseorang berumur 20 tahun.

Bagaimana diagnosisnya?

Distance vision test
Rabun jauh pada anak-anak biasanya mudah diketahui, karena mereka biasanya akan mengeluh tidak bisa melihat tulisan di papan tulis dengan jelas, mempunyai masalah dalam melihat pada jarak jauh (menonton tv dsb.) Pemeriksaan optometrik yang komprehensif akan mendeteksi rabun jauh.

Bagaimana cara mengobati rabun jauh?

Contact lens usage

Kacamata atau lensa kontak dapat diresepkan untuk memperbaiki rabun jauh dan membantu anda agar dapat melihat lebih jelas. Lensa dapat membuat cahaya terfokus pada mata, tetapi tidak dapat menyembuhkan rabun jauh. Anda mungkin hanya membutuhkannya untuk kegiatan tertentu seperti menonton televisi atau mengendarai mobil.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pilihan operasi pengubahan kornea untuk mengurangi rabun jauh telah dikembangkan.

Termasuk prosedur yang disebut radial keratotomy (RK) dan photorefractive keratectomy (PRK). Ada juga prosedur yang disebut dengan orthokeratology yang menggunakan serangkaian lensa kontak kaku untuk mengubah kelengkungan kornea. Hal ini akan memperbaiki penglihatan seseorang dengan rabun jauh, untuk jangka waktu yang signifikan.

Bagaiman rabun jauh mempengaruhi gaya hidup?

lifestyle
 Kebanyakan orang dapat beradaptasi dengan baik dalam menggunakan kaca mata atau lensa kontak. Untuk mereka yang merasa kalau kaca mata mempengaruhi penampilan atau mengganggu aktivitas mereka, lensa kontak, orthokeratology, atau operasi refraktif akan memberi pilihan untuk gaya hidup dan penglihatan yang mereka inginkan. Pada beberapa kasus, rabun jauh yang parah dapat membatasi seseorang dalam memilih pekerjaan.

sumber: American Optometric Association