Minggu, 01 Juli 2012

Musyawarah Anggota XV dan Penjaketan Anggota Baru TBM Janar Dūta (30 Juni - 1 Juli 2012)

Musyawarah Anggota dan Penjaketan Anggota Baru (Musang Paru) merupakan salah satu program kerja tahunan TBM Janar Dūta yang dilaksanakan di akhir kepengurusan. Dalam kegiatan ini, diselenggarakan serangkaian acara seperti: Pembahasan LPJ Kepengurusan, Pembahasan Tata Tertib dan AD-ART TBM JD, Pemilihan Ketua TBM Periode Baru, dan Penjaketan serta Pelantikan Anggota Baru TBM JD. Dan pada periode 2011-2012 ini, diselenggarakan Musang Paru XV. Musang Paru XV yang diketuai oleh Rizki Usaputro (TBM. 1020643) ini diselenggarakan pada Sabtu, 30 Juni - Minggu, 1 Juli 2012 bertempat di Blakiuh, Abiansemal, Badung. 

Sabtu, 30 Juni 2012 pagi hari, panitia sudah berkumpul di depan BEM FK UNUD untuk melakukan persiapan akhir. Dilakukan juga pembahasan rundown acara hari pertama kegiatan. Dan sekitar pukul 08:00 WITA, seluruh AM XXI dikumpulkan di lapangan parkir timur FK untuk diberikan pengarahan. Usai pengarahan, seluruh peserta dan panitia bersiap berangkat ke lokasi kegiatan yang tak memakan waktu hingga 60 menit perjalanan karena jalanan juga tergolong sepi. 

Sesampai di sana, panitia dan peserta saling membantu mempersiapkan tempat. Suatu kerjasama yang baik antara senior dan junior, sehingga  persiapan tempat tidak memakan waktu yang lama.

Persiapan  tempat sudah fix dilanjutkan dengan acara pembukaan kegiatan Musang Paru XV. Sayang sekali, Pembantu Dekan III tidak dapat menghadiri pembukaan acara dan acara dibuka oleh Ketua BEM kita yang notabene juga merupakan anggota TBM Angkatan XIX .

Pembukaan berlangsung cukup menarik dengan insiden Ketua TBM - Aswin Arinata - yang beberapa kali tersetrum ketika memberikan sambutan dalam pembukaan. Hal ini sontak membuat peserta dan panitia tertawa walaupun cukup waswas juga. 
Seusai pembukaan, acara dilanjutkan dengan Pembahasan LPJ Kepengurusan Periode 2011-2012 ooleh seluruh pengurus inti dan kabid.
Dan seolah tanpa jena lama, acara bergulir ke Pembahasan Tata Tertib kemudian Pemilihan Presidium Tetap - yang sebenarnya telah terencana dengan cukup apik - kemudian ke acara Pembahasan AD-ART TBM Janar Dūta.

Pembahasan AD-ART inilah yang benar-benar menyita waktu yang panjang mengingat hal-hal yang dibahas merupakan hal urgensi dalam organisasi. Berulang kali terjadi perumusan, penetapan, dan peninjauan kembali masing-masing point dalam setiap pasal dan masing-masing pasal dalam setiap bab dalam AD-ART. dan puluhan kali pula terdengar ketukan palu  presidium tetap dan teriakan lantang peserta menyerukan suara bulat akan penetapan masing-masing point dan pasal.
Pembahasan AD-ART semakin menarik ketika beberapa anggota memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda terhadap suatu pasal, sehingga terjadi diskusi yang cukup alot tapi mampu membuat mata-mata peserta tetap terjaga.

Usai Pembahasan  AD-ART, acara dilanjutkan ke Pemilihan Ketua TBM Periode 2012-2013.Acara ini adalah salah satu acara paling dinanti oleh seluruh peserta karena melalui acara inilah akan dibentuk kepengurusan baru yang diharapkan akan membawa warna baru dan pemikiran-pemikiran serta inovasi baru bagi kemajuan TBM Janar Dūta tercinta.

Ada enam calon ketua yang telah dipilih sebelumnya,yaitu Alit Saputra, Ery Oktadiputra, Gilang Iswara, Made Suardanam Suarbawa Diasam dan Triwidayani Aryda. Di sini mereka akan berorasi visi misi mereka masing-masing di depan seluruh peserta Musang Paru yang hadir. ada hal menarik selama orasi kandidat, dimana senior XIII yang berkesempatan hadir ketika itu memperdebatkan program unggulan masing-masing calon. Perdebatan dan diskusi terjadi cukup panjang yang diakhiri dengan saran ke depannya. Dan seusai orasi, tibalah waktu pencoblosan dimana seluruh hak suara dapat digunakan. 
Dari hasil pemilihan, maka terpilihlah I Made Suarbawa Diasa sebagai Ketua TBM JD Periode 2012-2013 dengan jumlah suara 49 yang hanya berbeda 2 suara dari saingannya - Gilang Iswara.

Keesokan harinya, diadakan acara pembagian kartu anggota yang kemudian diteruskan dengan pembagian jaket TBM dimana kedua hal tersebut merupakan dua di antara atribut anggota TBM Janar Dūta. setelah seluruh XXI memperoleh jaket mereka masing-masing, tibalah di pengujung acara yaitu acara penutupan sekaligus pelantikan anggota XXI.
Dan, selamat bergabung dalam keluarga besar TBM Janar Dūta FK UNUD, anggota XXI J

 -Foto Bersama Anggota XXI bersama Anggota XX-


 - Anggota TBM Angkatan XX -


created by Hublu TBM JD 2012-2013