Senin, 23 Juli 2012

Sunnah Berbuka Puasa

Sunnah Rasulullah Berbuka Puasa adalah merupakan suatu amalan kebaikan bagi kita selaku umat Rasulullah SAW dalam menjalankan kewajiban maupun sunnah puasa. Karena memang contoh dan suri tauladan kehidupan dunia dan akherat adalah beliau Baginda Rasulullah SAW. Menjalankan sunnah buka puasa yang berasal dari Rasulullah adalah juga merupakan bukti kecintaan kita terhadap beliau.

Dalam kita melaksanakan kewajiban puasa bulan Ramadhan ini tentunya kita mengenal tak tak terlepas dari apa yang dinamakan dengan berbuka puasa dan saat makan sahur. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit banyak mempelajari akan beberapa sunnah Nabi / Rasulullah berbuka puasa.

Sunnah Berbuka Puasa,Sunnah-sunnah Rasulullah di Bulan Ramadhan, Blog Keperawatan

Berikut beberapa sunnah-sunnah Rasulullah di bulan Ramadhan khususnya ketika berbuka puasa diantaranya yaitu :

Menyegerakan Berbuka Puasa.
Ketika Adzan Magrib berkumandang maka kita disunnahkan untuk segera berbuka. Karena dengan kita menyegerakan berbuka puasa maka kita mengikuti Sunnah Rasulullah. Keutamaan menyegerakan berbuka puasa ini terdapat dalam hadist Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): "Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka."(HR Bukhari dan Muslim).

Maka dengan kita bersegera berbuka maka kita akan dalam kebaikan. Menyegerakan buka puasa adalah sunnah Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda(yang artinya), "Umatku akan terus dalam sunnahku selama mereka tidak menunggu bintang ketika berbuka (puasa)." (HR Ibnu Hibban).

Berbuka Dengan Kurma.
Seperti yang telah diposting dalam tips sehat selama ramadhan yang salah satunya adalah berbuka dengan kurma. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan berbuka puasa dengan kurma, kalau tidak ada dengan air, ini termasuk kesempurnaan kasih sayang dan semangatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (untuk kebaikan) umatnya dan dalam menasehati mereka. Dengan memberi sesuatu yang manis (kurma) pada perut yang kosong, maka tubuh akan lebih siap menerima dan mendapatkan manfaatnya, terutama tubuh yang sehat, akan bertambah kuat dengannya.

Dan bahwasanya puasa itu menghasilkan keringnya tubuh, maka air akan membasahinya, hingga sempurnalah manfaat makanan. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air." (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Berdoa Tatkala Berbuka Puasa.
Berdoa sebelum berbuka puasa dengan doa yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika telah berbuka mengucapkan: 'Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)'." (HR. Abu Daud no. 2357, hasan)


Berdoa Umum Tatkala Berbuka Puasa.
Ketika berbuka adalah salah satu dari sekian banyak waktu mustajabnya terkabulnya do'a. Jadi marilah kita sebagai seorang muslim untuk tidak melewatkannya saat berbuka ini dengan berdoa dengan berbagai macam doa. Tentunya akan lebih baik lagi bila berdoa dengan doa-doa sunnah yang diajarkan Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,"Ada tiga orang yang tidak akan tertolak do’a mereka: seorang yang puasa ketika sedang berbuka, seorang imam yang adil, dan do’a seorang yang terzholimi." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban).
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai sunnah berbuka puasa dan semoga yang sedikit ini mengenai dapat berguna serta dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya aamiin.