Selasa, 31 Juli 2012

Bagaimana Cara Mengobati Sariawan Anda

Bagaimana Cara Mengobati Sariawan
Blog Dokter - Bagaimana Cara Mengobati Sariawan Anda ? Sariawan merupakan penyakit yang tidak bisa dibilang serius yang dapat mengancam keselamatan jiwa Anda, betuul ? Namun demikian penyakit sariawan bisa jadi sangat mengganggu dan membuat kita jengkel. Seseorang yang terkena sariawan akan sulit makan dan sulit berbicara secara lepas, Nah kali ini Blog Dokter akan membagikan informasi mengenai Bagaimana Cara Mengobati Sariawan.

Sariawan yang memiliki nama lain stomatitis sebenarnya merupakan kondisi bengkak akibat radang yang ada pada lapisan mukosa mulut Anda.

Penyebab sariawan yang lazim antara lain, karena stres, ada luka pada bagian mulut, alergi terhadap  makanan tertentu, siklus haid pada wanita, sering minum antibiotik atau asam dalam jumlah banyak dan kontinyu juga memicu sariawan.

Bagian-bagian yang sering terkena sariawan biasanya adalah pipi, gusi, lidah, bibir dan bisa jadi langit-langit mulut. Disamping itu sariawan dapat mengakibatkan perdarahan, serta terjadi bengkak yang biasanya berwarna merah.

Dalam beberapa kasus, bahan-bahan yang ada di rumah bisa menjadi cara mudah untuk mengobati sariawan:

1. Mengobati Sariawan dengan Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Mengobati Sariawan dengan Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Mengobati Sariawan dengan membilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

4.  Mengobati Sariawan dengan mengoleskan bawang dan pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

5. Mengobati Sariawan dengan  baking soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Mengobati Sariawan dengan Minum vitamin
Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

Selamat Mencoba Bagaimana Cara Mengobati Sariawan, semoga bermanfaat,salam sehat selalu.