Senin, 30 Juli 2012

Rumus Menghitung Masa Subur Wanita

Rumus Menghitung Masa Subur
Rumus Menghitung Masa Subur - Hal ini sering dilakukan untuk pasangan yang menginginkan kehamilan, Karena dengan mengetahui rumus menghitung masa subur wanita kita dapat menentukan saat yang tepat untuk berhubungan intim sehingga secara maksimal mampu terjadi pembuahan pada sel telur wanita.

Kehamilan dapat terjadi apabila pria dan wanita melakukan hubungan seksual, dan kemudian sel telur pada wanita terbuahi oleh sperma pria. Sel telur pada wanita secara baik dapat terbuahi pada masa subur nya, untuk itulah sangat penting untuk mengetahui rumus menghitung masa subur pada wanita ini.

Nah kali ini Blog Dokter akan sedikit berbagi mengenai rumus menghitung masa subur wanita berdasar kalendar sebagai berikut : 

Untuk Anda wanita yang memiliki siklus haid yang tergolong teratur, maka masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Ini berarti bahwa masa subur Anda berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, maka untuk pertama kalinya harus dicatat seberapa lama  siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Nah demikian rumus menghitung masa subur. Semoga segera diberi momongan yang sholeh dan sholihah, Amin. Selamat Mencoba.