Sabtu, 21 April 2012

Sisi Positif Kuliah di FK


Berhubung siswa SMA sudah melaksanakan UN, maka dipostingan kali ini mau ngebahas mengenai sisi baik dari kuliah di FK. Siapa tau kalian yang awalnya ga ada niat buat kuliah di FK setelah ngebaca tulisan ini jadi pengen masuk FK. Sesuai dengan peribahasa "tak kenal maka tak sayang" ga ada salahanya klo sebelumnya kalian ngebaca http://mahasiswafk.blogspot.com/2011/12/semua-tentang-kuliah-di-fk.html untuk bisa tau apa aja yang dilakukan mahasiswa FK di kampusnya, karena kegiatan perkuliahan para mahasiswa FK ini cukup berbeda dengan mahasiswa fakultas lainnya.

Nah langsung aja, ini dia sisi positif dari kuliah di FK. Cekidot!

1. Persahabatan yang Erat

Mungkin sering kita dengar klo persahabatan semasa SMA itu yang terbaik dibanding persahabatan yang lainnya. Sebenarnya hal ini akan salah ketika kalian berkuliah di FK. Selama di FK kita akan menganggap teman 1 angkatan itu sebagai keluarga. Ga percaya? Silahkan tanya aja deh sama yang udah jadi mahasiswa FK.

Persahabatan di FK itu sangat erat karena kita akan selalu bersama-sama menghadapi segala sesuatu. Mulai dari belajar OSCE bareng, begadang ngerjain tugas, belajar buat ujian sampai shubuh, dst. Nah karena sering bersama-sama jugalah maka sering terjadi cinlok di angkatan. Bisa dipastikan dalam 1 angkatan PASTI ada yang jadian sama teman seangkatan nantinya. Makanya buat kalian yang dari dalam kandungan sampai lulus SMA belum punya pacar cocok buat masuk FK, kali aja ketemu jodoh temen seangkatan.

"Teman di SMA akan membuatmu merasa lebih hebat, tapi teman di FK tidak akan pernah membuatmu merasa lebih baik atau buruk karena kita 1 perjuangan"

2. Ilmu yang Aplikatif

Dulu waktu SMA kita pasti pernah bertanya-tanya kenapa kita harus belajar menghitung waktu yang diperlukan apel mencapai tanah bila dengan kecepatan sekian dan tinggi sekian. Atau mungkin kenapa kita harus memperkirakan kapan kedua mobil yang berjalan menuju suatu tempat akan bertemu, bukan memperkirakan kapan aku dan jodohku akan bertemu disuatu titik.

Bila di kedokteran hampir semua ilmu yang kita dapatkan bisa kita dapatkan manfaatnya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya kita belajar mengenai suatu penyakit, maka kita akan tau pula bagaimana cara mencegah terkena penyakit tersebut.

Contoh lainnya lagi hal yang paling simple, yaitu menensi orang. Biasanya klo udah bisa nensi, bawaannya pengen nensi orang mulu. Bahkan bisa jadi mata pencarian ketika kita pulang kampung, dan membuka jasa menensi di pasar, lumayan kan dapat uang? hehehe

3. Terjauhi dari Demo, Tawuran, dst

Setiap orang tua pasti akan khawatir mengenai kegiatan anaknya sebagai seorang mahasiswa. Terlebih seringkali kita lihat berita di TV mahasiswa fakultas kayang di rel mengikuti demo penurunan celana dan dipukuli oleh petugas keamanan karena ricuh.

Tapi hampir jarang sekali bahkan tidak pernah ada berita mengenai mahasiswa fakultas kedokteran mengikuti demo atau sampai tawuran antar mahasiswa. Penyebabnya sih simpel, karena mahasiswa FK itu jadwalnya sudah lumayan padat, belum lagi tugas dan materi yang harus dipelajari ada banyak, sehingga mereka lebih memilih menggunakan waktunya untuk beristirahat atau belajar

Selain itu jadwal perkuliahan mereka yang tidak membolehkan untuk bolos. Bayangin aja nih bila mahasiswa FK mau ikut demo

"Bro jadi ikut demo ga? Gue udah didepan istana negara nih! Elo mana!"

"Sabar! Gue lagi tutorial, ini baru langkah ke 3"

"....."

Atau mungkin juga

"Baru aja mulai demonya ko langsung pulang sih?"

"Aduh maaf bro! Ada jarkom mendadak kuliah dimajukan nih. Dosennya absen panggil lagi!"

"......"

4. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Anggaplah suatu hari ketika kita selesai menjalani perkuliahan dan koass kemudian telah resmi menjadi seorang dokter, namun ternyata kita malah memilih untuk bekerja sebagai pengusaha atau pekerjaan apapun yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedokteran. Apakah akan sia-sia semua pengorbanan kita untuk berkuliah di FK? Jawabannya adalah tidak. Karena, ketika kuliah di kedokteran kita tidak hanya diberi ilmu seputar pengetahuan, tapi juga melatih diri kita menjadi disiplin, bertanggung jawab, dan berjiwa sosial. Terlebih saat menjadi koass kita akan mengerti pentingnya teamwork. Selain itu kita akan memiki mental yang tangguh (gara-gara sering dimarahin sama dokter :p).

Itu tadi beberapa sisi positif bila kita memilih untuk berkuliah di FK, tentunya masih banyak sisi positif lain yang bisa kita dapatkan selain yang telah disebutkan diatas. Ayo sejawat yang lain tambahkan sisi positif menurut kalian di box komen! Mari kita racuni agar siswa SMA banyak yang tertarik untuk berkuliah di FK