Selasa, 10 April 2012

BAKTI ALAM 2012


Acara Bakti Alam Tim Bantuan Medis Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana 2012berlangsung pada hari Sabtu tanggal 7 April 2012 bertempat di Mangrove Information Centre. Sebagian besar panitia hadir pukul 04.30 untuk bersiap-siap dan melaksanakan persembahyangan di Padmasana FK UNUD. Sebelum pukul 05.00, ketua mengadakan briefing bagi seluruh panitia agar seluruh panitia dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Pada pukul 06.00 peserta kegiatan sudah mulai berdatangan sehingga registrasi peserta dibuka. Para peserta kegiatan yang telah datang dan melakukan registrasi dipersilahkan menuju aula Mangrove Information Centre untuk mengikuti acara pembukaan.
Acara pembukaan Bakti Alam Tim Bantuan Medis Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana 2012dimulai pukul 06.30 setelah semua peserta dan undangan hadir. Pembukaan diawali dengan doa lalu dilanjutkan dengan briefing dari panitia dan pembagian kelompok beserta regionnya masing-masing. Setelah acara pembukaan, para undangan dan peserta diperkenankan meninggalkan tempat dan acara segera dilanjutkan menuju hutan mangrove.
Semua  peserta yang hadir telah dibagi rata menjadi 4 kelompok. Tiap-tiap kelompok akan ditempatkan pada 4 region hutan mangrove yang sudah dibagi oleh sie acara. Selanjutnya masing-masing kelompok dipersilahkan menuju regionnya masing-masing, dipandu oleh 1 orang dari sie keamanan dan  1 orang dari sie perlengkapan. Masing-masing kelompok juga telah dibekali 1 kotak obat untuk berjaga-jaga bila ada peserta yang terluka, mengingat medan kegiatan yang cukup sulit. Setelah sampai pada regionnya masing-masing, para peserta mulai melakukan kegiatan berupa membersihkan sampah-sampah plastik yang berserakan di sekitar hutan mangrove.
Sesuai dengan rundown acara, pada pukul 09.00, pantai di pinggir hutan mangrove sudah mulai pasang sehingga kegiatan bersih sampah plastik dihentikan. Kantong-kantong sampah kemudian dikumpulkan dalam 1 gerobak dan diangkut ke truk sampah. Setelah semua sampah diangkut ke truk, panitia membagikan konsumsi yang telah dipersiapkan. Kemudian peserta dipersilahkan menuju aula Mangrove Information Centre untuk mengikuti acara penutupan.
Acara penutupan diawali dengan laporan dari ketua panitia lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua TBM Janar Dūta FK UNUD, Ketua BEM FK UNUD, perwakilan dari UPT Tahura (Taman Hutan Raya), kemudian diakhiri dengan sambutan dan penutupan acara secara resmi oleh dr. Mita selaku Pembantu Dekan III FK UNUD. Acara juga dirangkai dengan pemberian piagam kepada UPT Tahura dan pemberian doorprize kepada instansi yang mengirimkan peserta paling banyak oleh ketua panitia. Setelah acara penutupan selesai, para undangan diperkenankan meninggalkan tempat dan para peserta diperkenankan untuk pulang. Dengan begitu berakhirlah Bakti Alam Tim Bantuan Medis Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana 2012. Lalu kegiatan diakhiri dengan melakukan bersih-bersih tempat kegiatan dan rapat evaluasi.