Kamis, 19 April 2012

Mencegah Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner termasuk momok penyakit yang banyak menimbulkan kematian termasuk di Indonesia. Angka kematian jantung koroner pun semakin meningkat. Bukan hanya di Indonesia saja, di dunia penyakit jantung koroner pun menjadi salah satu penyakit jantung yang menjadi pembunuh yang masuk dalam 3 besar penyakit yang mengakibatkan kematian. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah jantung koroner itu agar kita tidak mengalaminya penyakit tersebut yang telah banyak mengakibatkan banyak korban.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka pencegahan jantung koroner ini Bisa dimulai dari kebiasaan hidup kita yang sehat, menjalankan olahraga yang teratur dan juga rutin dan juga dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Karena dalam hal melakukan tips mencegah jantung koroner ini harus dilakukan secara berkesinambungan dan kerjasama berbagai pihak pula.

Cara Mencegah Jantung Koroner

Berikut beberapa tips cara mencegah jantung koroner bila kita lakukan dari segi pola makan yang sehat :
  1. Memperbanyak Makan Buah.Di Indonesia, masyarakat dalam hal mengkonsumsi buah-buahan masih rendah.Masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji yang tentunya bila sering dilakukan dan juga dikonsumsi banyak dan juga dalam jangka waktu yang lama akan berakibat kurang sehat bagi kesehatan jantung kita.Dari konsumsi buah-buahan kita memperoleh banyak vitamin bagi tubuh dan juga tinggi serat.
  2. Membatasi Makanan Yang Berminyak. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara membatasi makanan yang digoreng. Minyak dalam hal ini memberikan kalori dua kali lebih banyak dibandingkan yang lainnya sehingga bila dikonsumsi banyak akan menimbulkan kegemukan dan salah satu faktor terjadinya penyakit penyakit jantung koroner ini adalah obesitas/kegemukan. Memilih jenis minyak yang tidak jenuh (karena mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah termasuk pembuluh darah jantung/koroner). Minyak jenis ini seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai dan minyak zaitun. Selain itu kita juga perlu menghindari dan juga mengurangi minyak yang berasal dari minyak kelapa, minyak sawit, atau minyak gajih hewan (daging atau lemak ayam).
  3. Memperhatikan informasi dalam hal gizi dan cara memasak yang baik dan benar. Pada saat kita membeli produk makanan pada kemasan, kita harus memperhatikan kandungan lemak jenuh (saturated fat) karena minyak inilah yang kurang baik bagi kesehatan jantung kita. Bila kita ada acara makan di luar rumah / bepergian kita juga harus mempunyai pedoman dalam hal memilih dan mengolah bahan makanan yang baik bagi kesehatan jantung.
  4. Banyak Mengkonsumsi Ikan. Ikan dalam hal ini cenderung mempunyai kadar lemak dan juga kolesterol yang rendah. Apalagi jenis ikan yang hidup di laut seperti ikan salmon dan tuna karena ikan jenis itu banyak mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung kita.
Semoga dengan menerapkan pola makan yang sehat ini kita juga turut berpartisipasi menjaga kesehatan kita terutama dalam hal kesehatan jantung kita masing-masing. Marilah mulai dari sekarang kita mencoba dan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat bagi kesehatan jantung kita.