Minggu, 01 April 2012

Kegiatan Tenda Tensi Maret 2012


Kegiatan Tenda Tensi Bulan Maret 2012 dilaksanakan empat kali, yakni satu kali setiap minggu selama satu bulan. Namun karena pada minggu pertama berhalangan karena ada kegiatan BKFK maka tenda tensi pada minggu pertama dilaksanakan minggu sore. Kemudian tenda tensi pada minggu kedua pun berhalangan karena ada kegiatan petani sehingga tenda tensi minggu kedua dilaksanakan pada hari sabtu yaitu tanggal 10 Maret 2012. Pada minggu ketiga tenda tensi dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 17 maret 2012 karena bertabrakan dengan kegiatan BTLS (Basic Trauma Life support). Jumlah panitia yang bertugas adalah 13 orang per minggu,yang sudah diatur dua minggu  sebelum kegiatan berlangsung. TUK yang harus dipenuhi adalah 150 pasien dengan pengecekan dari tensi, BMI, BFS dan lingkar perut.
Pada Tenda Tensi yang pertama, tanggal 4 Maret 2012, bertepatan dengan acara BKFK sehingga kami mengambil waktu pada sore hari. Berkumpul di kampus dulu jam 13.00 siang bersama panitia yang bertugas pada hari itu. Kemudian kami berangkat ke Renon dan sesampainya disana menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan disana untuk tenda tensi. Kendala yang kami rasakan pada saat tenda tensi pertama adalah rasa kurang percaya diri karena tenda tensi pertama merupakan pengalaman pertama kami,tetapi ada senior yang mengarahkan kami sehingga tenda tensi berjalan lancar. Selain itu cuaca yang kurang mendukung pada saat itu membuat kami menghentikan tenda tensi karena hujan deras. Sehingga kami tidak bisa mencapai TUK. Selain hal itu kami tidak menjumpai kendala lain yang berarti. Pada minggu ini kami mendapat peserta sebanyak 107 orang untuk pengukuran tensi dan 95 orang untuk pengukuran BMI, lingkar perut dan BFS.
Tenda Tensi minggu kedua dilaksanakan pada hari Sabtu pagi tanggal 10 Maret 2012 dimana dilaksanakan pengukuran yang sama pada minggu pertama. Tenda tensi minggu kedua dilaksanakan pada hari sabtu karena ada pelayanan sehari (PETANI) pada keesokan harinya.  Tenda tensi pagi ini dilakasanakan mulai kumpul di kampus jam 05.00 WITA dan berahir jam 10.00 WITA sampai mengembalikan kursi di tempatnya. Tenda tensi minggu kedua ini berjalan sesuai dengan minggu sebelumnya. Panitia yang bertugas pada minggu ini lebih terarah karena sudah mendapatkan gambaran dari tenda tensi sebelumnya. Perlengkapan yang kami butuhkan seperti timbangan badan, BFS dan meteran dan meteran lingkar perut kami dapatkan dari panitia. Pada minggu ini kami mendapat peserta sebanyak 154 orang untuk pengukuran tensi dan 106 orang untuk pengukuran, BMI dan BFS.
Tenda Tensi Minggu ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu pagi, 17 Maret 2012 dengan program yang sama seperti minggu lalu. Tenda tensi minggu ini dilakukan pada hari sabtu karena pada hari minggu dilaksanakan BTLS. Tenda tensi berjalan sesuai dengan yang diharapkan, mulai dari jam 05.00 WITA kumpul di kampus dan berakhir jam 10.00 WITA. Pada minggu ini kami mendapat peserta sebanyak 105 orang untuk pengukuran tensi dan 66 orang untuk pengukuran BFS.
Tenda Tensi minggu ke empat dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2012 , dengan jumlah panitia dan program yang sama. Pada tenda tensi terahir dibulan Maret ini memang agak berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya karena ini tenda tensi pertama kita yang dilaksanakan pada saat minggu pagi. Pasien yang datangpun lebih banyak dari pada biasanya. Kendala yang dihadapi pada minggu ini adalah disaat pasien yang terlalu banyak ini, pasien menunggu lama jadinya ada perasaan yang tidak enak dipanitia. Pada minggu ini kami mendapat peserta sebanyak 246 orang untuk pengukuran tensi dan 186 orang untuk pengukuran, BMI, lingkar perut dan BFS.