Selasa, 24 April 2012

Seminar Kegawatdaruratan Medis dalam Proses Persalinan (22 April 2012)


Mempersiapkan acara agar menjadi acara yang bagus dan baik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, oleh karena itu, kami dari pihak panitia seminar ( Senior 20 & Am 21 ) kegawat daruratan medis dalam proses persalinan melakukan segala upaya untuk mencapainya,salah satunya melakukan Rapat Pleno sebanyak 2 kali. Dalam kedua Rapat Pleno tersebut, dipaparkan anggota, tugas-tugas masing-masing sie dan kendala, baik yang sudah dialami maupun yang mungkin dialami nantinya, serta koordinasi dari masing-masing sie. Satu hari sebelum Hari-H ( 21 April 2012 ), kami dari pihak panitia dibantu dengan Senior-senior atas melakukan persiapan ruangan di 4.01 & 4.02 kurang lebih dimulai pukul 21.00 WITA dan selesai pukul 23.30 WITA.
Minggu, 22 April 2012 pukul 07.00, seluruh panitia berkumpul, sembahyang dan briefing selama 20 menit, kemudian dilanjutkan dengan registrasi peserta hingga pukul 08.59 WITA. Pukul 09.00 WITA kegiatan seminar dimulai, dan dibuka dengan pemukulan gong oleh Pembantu Dekan III atau yang mewakili.
Pembicara pertama yaitu dr. Tjokorda Gde Agung Suwardewa, Sp.OG dengan materi “peran ANC ( Antenatal Care ) untuk mencegah kedaruratan persalinan”, lalu pembicara kedua yaitu Prof. dr. Made Kornia Karkata, Sp.OG dengan materi “ kedaruratan dalam persalinan ”. Dimana masing-masing pembicara mendapatkan waktu 60 menit untuk penjabaran materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab 30 menit. Dari panitia juga sudah memberikan hadiah bagi penanya terbaik dari pihak peserta yang dibagikan setelah hiburan, ini sebagai apresiasi terhadap timbal balik yang diberikan oleh peserta.
Secara keseluruhan, kegiatan seminar kegawatdaruratan medis sudah berjalan sesuai rencana. Jika dilihat dari jumlah tiket yang habis terjual yaitu lebih dari 500 tiket, juga telah melebihi dari TUK (350 tiket ) yang ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa seminar ini cukup sukses.