Jumat, 01 Juli 2011

Profil Pasien IGD RSCM



Budhi Arifin Noor

Tujuan penelitian
Kami ingin mengetahui profil pasien IGD RSCM yang mencakup sebaran usia, jenis kelamin, alamat tempat tinggal dan asal pasien. 

Metode
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain potong lintang menggunakan data sekunder berupa data registrasi dan rekam medik pasien bedah IGD RSCM. Sampel diperoleh dengan cara simple random sampling dengan sebelumnya melakukan penghitungan besar sampel untuk penelitian deskriptif kategorik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS 17.0.  

Hasil
Terdapat pasien laki-laki sebanyak 63,2% dan pasien perempuan sebanyak 36,8% dengan rata-rata usia yaitu 32,09 tahun. Pasien usia dewasa (25-65 tahun) sebanyak 54,4%, usia dewasa muda (19-25 tahun) 21,4%, pasien anak (0-18 tahun) 19,2% dan terakhir pasien lanjut usia (>65 tahun) 4,9%. Alamat tempat tinggal pasien tercatat di wilayah Jabodetabek sebesar 78,6%. Pasien yang tinggal di luar daerah Jabodetabek 21,4%. Terdapat pasien yang berasal dari rujukan rumah sakit lain sebanyak 23,6% dan pasien yang bukan pasien rujukan 76,4%.  

Kesimpulan
Pasien bedah IGD RSCM didominasi oleh pasien laki-laki, pasien dewasa dan pasien yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Adapun asal pasien IGD RSCM masih didominasi oleh pasien yang bukan rujukan dari RS lain atau dengan kata lain pasien yang datang langsung ke IGD RSCM.