Senin, 25 Juli 2011

Palasari Bali, Lokasi JAMNAS XV PTBMMKI 2011


About Palasari, the Wonderful Village


Palasari adalah sebuah kampung yang terletak di ujung barat pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Jembrana – kecamatan Melaya, kurang lebih 20 menit dari penyeberangan Gilimanuk. Letak di pinggiran hutan, membuat Palasari menjadi indah dan nyaman untuk beristirahat dan berwisata rohani. Banyak kegiatan Rohani yang telah di lakukan di kampoong ini, baik itu berskala daerah maupun nasional.
Dengan demikian, nama Palasari tidaklah asing lagi bagi telinga umat Katolik di Bali maupun di Indonesia. Desa kecil yang banyak membuahkan imam ini, menjadi suatu daerah yang diperhitungkan . Berada dibawah naungan Keuskupan Denpasar, yang dipimpin oleh Mgr.Silvester San Pr, Palasari berlokasi di Dakenat Bali Barat yang dipimpin oleh Rm.Marcel Gede Myarsa Pr, salah seorang pastor yang berasal dari Palasari.
Pater Buis membangun Palasari ini untuk menjadi suatu “desa contoh atau dorf “ walaupun penduduknya 100% beragama Katolik adat budaya Bali yang kental,masih tetap diusung. Di bawah kepengurusan klian adat pemaksan Katolik Palasari,pemaksan adat mengatur suka duka di kampoong ini yaaahhhh itulah Palasari.
Coba kita intip dikit gereja Palasarinya youk, ntaran baru kita kunjungi.
Gereja Palasari
Gereja yang di berkati atau di plaspas tanggal 13 Desember 1958 ini mulai di bangun tahun 1955 dengan meratakan bukit. Pada saat itu, peran aktif umat dari anak-anak sampai dewasa sangatlah besar. Mereka bekerja bakti mengangkut batu, pasir dan yang lainnya dari sungai menuju bukit dengan senang hati. Br. Ignatius (Belanda) dan Gusti Rai S. (Bali) merancang bangunan ini. Mgr Hermens pada saat itu mengusahkan dana bagi pembangunan ini.
  • Gua Maria Palasari
oleh umat Palasari sering disebut Lourdes memiliki nama “Palinggih Dewi Kaniaka Maria”
Palinggih Dewi Kaniaka Maria
Gua Maria Palasari, merupakan sarana untuk memanjatkan doa kepada Bapa di Surga melalui Bunda Maria, Bunda kita semua. Gua Maria ini, yang dulu di kenal dengan sebutan ” Lourdes” sudah banyak mengalami perubahan sudah banyak pula mujizat yang terjadi disana. Baik dari umat kita sendiri, maupun dari warga non Katolik yang percaya adanya kesembuhan. Memang Tuhan tidak pernah memilih, siapa saja yang mau percaya dan yakin, mereka akan di selamatkan. Seperti yang di ucapkan Maria ketika dia mengandung Roh Kudus,
” Aku ini Hamba Tuhan,
jadilah padaku menurut perkataanMU itu……”

Gua Maria Palasari
  • Bendungan Palasari

Obyek wisata Bendungan Palasari berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, 26 Km ke arah barat dari kota Negara. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali bencana banjir, irigasi, perikanan dan tempat rekreasi. Bendungan ini dilatar belakangi oleh hutan lindung yang cukup bagus serta mempunyai hawa sejuk. Sehingga cocok untuk wisata tirtha serta wana wisata di daerah sekitarnya. Bendungan ini sudah dilengkapi dengan sampan yang berekreasi mengelilingi bendungan tersebut.

Keberadaan bendungan Palasari ini memiliki nilai yang sangat strategis karena selain pemanfaatan air untuk irigasi, juga bendungan Palasari ini memiliki nilai eksotik yang banyak memikat para tamu baik domistik maupun manca negara yang ingin mengexploitasi kecantikannya, aliran air yang jernih yang mengalir dari kawasan pegunungan berpadu dengan hamparan sawah disekeliling bersemaikan bulir-bulir padi keemasan seakan turut merasakan dekapan erat sinaran mentari senja, Beberapa orang terpesona menikmati suasana senja hari di Bendungan Palasari dengan sebuah mata kail yang menjorok jauh kedalam genangan air bendungan Palasari.

palasari map
Sumber :
Palasari Bali