Sabtu, 16 Juli 2011

MUSYAWARAH NASIONAL IX & JAMBORE NASIONAL XV PTBMMKI BALI 2011

Satu Hati, Satu Jiwa, Semangat Kemanusiaan Indonesia

Melihat kondisi dan situasi belakangan ini, berbagai macam bencana alam yang menimpa bangsa Indonesia, seperti banjir bandang yang terjadi di beberapa daerah, bencana tanah longsor, gunung meletus yang telah menelan banyak korban jiwa dan pemukiman masyarakat, serta badai di laut akibat cuaca buruk yang memberi dampak pada penghasilan dan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Berbagai macam upaya telah dilakukan baik oleh rakyat maupun pemerintah Indonesia untuk menanggulangi semua masalah tersebut. Keadaan ini tidak dapat dibiarkan, karena semua itu membuat kehidupan kita kurang aman dan nyaman. Apabila kita kaji dan amati kejadian-kejadian yang telah terjadi, sebenarnya kita harus melakukan introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan, misalnya masalah bencana banjir yang banyak disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari kita sendiri untuk bertindak melakukan pencegahan seperti membuang sampah pada tempatnya, penebangan hutan tidak membabi buta. Demikian pula permasalahan terjadinya bentrokan antara suku bangsa di negara kita perlu adanya kesadaran akan prinsip ketunggalbinekaan kita dari keragaman budaya, jika masyarakat memiliki kesadaran akan keragaman budaya yang memberikan suatu nuansa kebersamaan, persatuan dan keindahan, bentrokan tersebut tidak akan terjadi. Selain masalah kehidupan di atas, kondisi tersebut mengakibatkan banyak masyarakat mengalami kondisi kesehatan yang menurun, seperti bencana banjir menyebabkan wabah penyakit bahkan menimbulkan banyak korban yang mengalami kematian.

PTBMMKI merupakan salah satu organisasi yang beranggotakan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran di seluruh Indonesia, yang sebagai wadah untuk menyampaikan beberapa saran dan solusi yang diangkat dalam sebuah program penanggulangan bencana alam dan kegawatdaruratan serta meningkatkan taraf kesehatan masyarakat sesuai dengan kiprah TBM yang bergerak langsung di bidang kesehatan dengan bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan dan lembaga-lembaga sosial yang bergerak dibidang kemanusiaan. Program ini akan dapat membantu pemerintah dalam hal menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi terutama dalam bidang kesehatan baik tindakan pencegahan atau penanggulangan melalui penanganan langsung dan pengobatan akibat dari bencana yang menimpa masyarakat.

Indonesia yang merupakan negara kesatuan, yang terdiri dari berbagai pulau, seni budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda sangat perlu kita pertahankan melalui kesadaran dari kita masing-masing untuk bisa mencintai dan menghormati perbedaan tersebut sehingga dapat mencegah terjadinya pergolakan diantara kita. Kesadaran akan perbedaan dalam kesatuan sangat perlu diwujudkan dalam pikiran, wacana dan tindakan.

Dalam mewujudkan cita-cita persatuan dan kesatuan ini, maka anggota PTBMMKI akan mengadakan Musyawarah Nasional IX dan Jambore Nasional XV 2011 di Bali. Ini merupakan suatu bukti nyata bahwa kita tetap menghormati dan mencintai perbedaan yang ada dalam setiap daerah, seperti tahun lalu yang dilaksanakan di Medan.Bali yang merupakan daerah wisata yang penuh dengan nuansa keindahan dan kedamaian dengan berbagai seni budaya yang telah terkenal di seluruh dunia diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam musyawarah ini untuk mewujudkan tindakan nyata dalam melestarikan lingkungan alam, seperti penghijauan dan memperoleh hasil musyawarah yang baik, berkualitas, dan bermanfaat bagi anggota musyawarah serta bangsa dan negara.

Dengan persaudaraan demi Kemanusiaan

“ On Line In Life”