Sabtu, 02 Februari 2013

Manfaat Bersepeda

Manfaat Bersepeda
Blog Dokter - Manfaat Bersepeda - Sudahkah Anda bersepeda hari ini ? Setiap hari bersepeda minimal 30 menit akan memberika dampak luar biasa pada meningkatnya kualitas kesehatan Anda. Olah raga bersepeda ini menjadi pilihan unggulan untuk menjaga kebugaran kita. Olah raga bersepeda ini sangat populer di belahan dunia manapun, paling mudah dilkukan dan sangat mengasyikan. Lalu seperti apa sih manfaat bersepeda untuk kesehatan ini.

Penelitian yang dilakukan selama 15 tahun pada 30.640 orang yang tinggal di Kopenhagen menunjukkan bahwa mereka yang tidak bersepeda, 39% mempunyai kemungkinan meninggal lebih cepat. Ini dikarenakan mereka yang tidak bersepeda adalah kuarang memberikan porsi latihan pada Jantung. Dengan bersepeda ternyata kita manggunakan 60% dari kinerja jantung. Sungguh luar biasa manfaat bersepeda untuk jantung kita.

Bersepeda juga menurunkan angka stress pada orang dewasa. Bersepeda yang menuntut kita untuk mobile atau berkeliling, secara otomatis memberikan pengalaman pemandangan yang berbeda setiap harinya, dengan fariasi jalur bersepeda, kita akan menemukan pemandangan yang berbeda pula, ini salah satu manfaat bersepeda, dengan demikian tingkat stress kita akan berkurang.

Walaupun tidak sebanyak berlari dalam pembakaran kalori dan lemak, manfaat bersepeda salah satunya juga membakar lemak dan kalori dalam tubuh yang berlebih, dengan latihan yang benar dalam bersepeda kita akan mampu menjaga bentuk tubuh proposional atau ideal.

Manfaat bersepeda yang lain adalah, dengan bersepeda secara rutin ternyata juga meningkatkan kualitas konsentrasi, dalam sebuah penelitian di gedung perkantoran dengan pegawai 2000 an, kontrol produktivitas menunjukan bahwa pegawai yang berangkat ke kantor dengan bersepeda jauh lebih produktif dibanding dengan yang tidak. Pelajar yang berangkat bersepeda memiliki 4 jam ekstra konsentrasi dibanding mereka yang diantar pakai mobil.