Jumat, 08 Februari 2013

Cara Mengurangi Porsi Makan


Blog Dokter - Nah pagi hari sudah bicara soal makanan deh. Sarapan benar sangat penting untuk kesehatan kita, namun porsinya juga perlu dijaga ya, jangan sampai kelebihan kalori pada saat sarapan. Banyak diantara kita ingin mengurangi porsi makan, namun kadang gagal, atau belum tau langkah langkahnya.

Usaha mengurangi porsi makan ini biasanya erat kaitanya dengan menjaga bentuk tubuh, atau berat tubuh ideal, banyak cara dilakukan, namun perlu diketahui bahwa bagian terpenting dalam usaha menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi makan.

Mengurangi porsi makan ini memang sedikit berat untuk dilakukan, apalagi jika ada godaan dari sekeliling kita, seperti tersedianya menu masakan yang menggugah selera, serta dalam menghadiri acara yang biasanya susah untuk menolak makanan. Cara mengurangi porsi makan memang tidak mudah, karena erat kaitanya dengan kebiasaan kita sehari-hari.

Mengurangi porsi makan juga bukan hanya bertujuan untuk berat badan ideal saja, Dr Meryana Adriani SKM MKes mengatakan bahwa dengan bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh juga berkurang, aktivitas juga berkurang, sudah saat nya secara pelan menjaga porsi makan kita, usia lanjut harus mengurangi porsi makan. "Sebab jika tidak dilakukan, berat tubuh bisa makin meningkat tanpa disadari".

Mengurangi porsi makan tidak semudah yang ditulis dan dikatakan. Apalagi selama ini sudah terbiasa makan dengan porsi yang jumbo, sehingga ketika kita kurangi sedikit saja, maka masih terasa lapar, agar berhasil dalam cara mengurangi porsi makan, maka bisa kita simak ulasanya sebagai berikut :

KOMBINASI
Mengombinasikan makanan pokok juga salah satu alternatif cara mengurangi porsi makan kita. Caranya, jika selama ini kita makan nasi sebanyak 1/2 piring dalam sekali makan, maka bautlah menjadi 1/4 piring saja, lalu tambahkan makanan pokok pengganti seperti kentang, labu kuning, ubi ungu. Semuanya bisa memberikan sensasi kenyang, namun tidak terlalu banyak kalori nya. Ingat tujuan mengurangi porsi makan adalah untuk mengendalikan jumlah kalori dalam tubuh.

MENGUNYAH PELAN
Dengan mengunyah secara benar dan pelan serta tidak tergesa-gesa untuk menelan makanan dalam mulut juga cara jitu untuk mengurangi porsi makan. Dengan cara ini maka secara teratur makanan yang kita konsumsi dapat dicerna lebih maksimal dalam lambung, dan sinyal kenyang pun akan datang lebih awal dari pada kita tidak mengunyah secara lama. Nah cara ini juga jitu untuk mengurangi porsi makan.


ATUR JADWAL
Cobalah untuk mengatur jadwal makan dan sebisa mungkin mematuhi, seperti admin blog dokter yang berhasil turun 6 kg dalam waktu 2 bulan hanya dengan mengatur jadwal makan. Yang admin lakukan adalah dengan jadwal makan pagi jam 7, makan siang jam 12.30, serta makan malam jam 6.30, setelah itu stop makan. Cara ini hanya contoh saja membuat jadwal makan Anda, sesuaikan dengan ritme tubuh Anda masing-masing ya.

MAKANAN BERSERAT
Mengurangi porsi makan mungkin akan membawa konsekwensi tertentu. Yaitu rasa kenyang yang berbeda dari biasanya. Untuk menghindari rasa lapar yang lebih cepat datang, jika waktu makan tiba maka buatlah kenyang itu dengan sayur dan buah, ini lebih baik dari pada cemilan makanan ringan, karena buah dan sayur lebih banyak serat nya disamping bagus untuk menimbulkan sensasi kenyang, seratnya juga bagus untuk pencernakan.

GANTI PIRING KECIL
Nah yang satu ini bukan lucu-lucuan. Mulailah biasakan dengan mengganti piring di rumah dengan ukuran piring yang lebih kecil. Otak tentunya akan secara perlahan memahami pemandangan visual ini, bahwa piring normal adalah sebesar itu dan isi nya tidak jauh lebih banyak dari itu, nah dengan demikian mengganti ukuran piring menjadi lebih kecil adalah trik jitu untuk mengurangi porsi makan.[Inspirasi:Cantiq]