Rabu, 06 Februari 2013

Lost in singapore to find bugis street

Hari kedua.
Bangun agak siang, mandi, dan perjalanan hari ini udah niat untuk ke daerah bugis dan sekitarnya, karena mau nyari oleh-oleh. Takutnya jadwal akan merayap padat, banyak tempat yang mau dikunjungi. Hahahaha. Padahal ini alibi supaya bisa belanja.

Keluar hotel, kami jalan dengan berbekal peta. Padahal bisa baca peta juga nggak. Kalo diliat dari peta sih bugis - selegie nggak terlalu jauh. Jadi bisa jalan kaki. Nyasar-nyasar nggak jelas. Padahal kita tuh masih jalan didaerah situ-situ juga. Sampe akhirnya sadar, kita berada dijalan mcnelly, dan didepan gwe adalah sekolah mode terkenal La Salle art school. Foto dulu ah.

Terus jalan, lewat bencoolen mall, ibis hotel. Suami gwe udah rempong kelaperan. Kasian juga sih. Sampe akhirnya kita ketemu juga sama bugis street. Oh em ji, ini toh tempat belanja tersohor itu. Didepannya ada bugis junction. Mau sarapan di tong seng coffee shop, tapi kita nggak tau dimana lokasinya. Berhubung udah laper banget jadi udah ngeblank dan pengen cepet-cepet makan. Untung ada burger king dideket bugis street. Akhirnya memutuskan untuk makan di burger king. Ternyata disana kita nggak bisa pesen paket reguler kalo masih dibawah jam 11. Bisanya pesen paket breakfast. Padahal dah ngiler sama whooper. Akhirnya suami gwe pesen fish burger dan milo seharga S$4.95. Dia juga bete ama pelayan burger king yang nggak ada ramah-ramahnya sama sekali. Akhirnya gwe berpikir, orientasi orang disana itu cuma uang. Dan biaya labour disana termasuk tinggi. Jadi apapun profesi mereka, mereka nggak mau dianggap rendah. Oke. Beda sekali ya sama indonesia. Pelayan dianggap rendah dan sering diperintah. Hhmm.

Setelah sarapan nggak sabar pengen masuk ke bugis street. Pas masuk kecewa sih. Nggak ada yang bagus. Semua isinya souvenir. Mau jajan takut nggak halal. Anting2 dibandroll dengan harga S$10 dapet 8pcs. Tapi di tempat-tempat tertentu aja. Beli buah S$10 dapet 3 macem, jeruk, pepaya dan kiwi. Kita langsung makan pepaya, lumayan buat ganjel perut. Hehehehe. Akhirnya memutuskan untuk beli souvenir gantungan kunci. Di bagian depan (dari bugis junction) ada toko souvenir yang ngasih harga lumayan murah untuk aneka souvenir seperti gantungan kunci dan gunting kuku gambar patung merlion. 18pcs dengan harga S$10. Wow, lumayan murah juga. Gwe keliling-keliling bugis street nggak ada yang bagus deh. Apalagi baju-baju dan tasnya. Surga belanja tawar-menawar paling seru cuma mangga dua. Disini baju-baju di mangdu yang harganya 100ribuan bisa sampe S$25 loh. Aduh, makin nggak selera. Modelnya juga aneh-aneh. Harajuku bukan. Korea bukan. Bingung.

Akhirnya kami ke bugis junction. Ternyata sama kayak mall biasa, dan banyak kafe-kafe di mall tersebut. Suami gwe udah napsu banget mau makan fish&co. Tapi gwe gak mau, soalnya jauh-jauh makan fish&co, dan perporsi S$38. Aduhhh, mehong banget kan. Mending buat belanja. Hehehehe *tetep.
Nemu outlet-outlet ternama kayak mango, giordano, dan bossini. Pilih-pilih kaos di bossini seharga S$10. Pas mau bayar, petugasnya nanya mau pake plastik atau nggak. Gwe bilang mau, karena bingung mau ditarok dimana belanjaannya. Ternyata untuk plastik kena charge 10 cent. Okeiii, mereka mau go green kali ya.

Pas keluar bugis, kita nemu tong seng coffee shop dooonggg. Dengan semangat kita langsung nyebrang dan zzzz bete ama pelayannya yang kayak robot. Akhirnya kita pesen chicken rice, somay, es teh tarik dan baby pakcoy abis sekitar S$11.

Dari kawasan bugis, langsung menuju anchorpoint dikawasan alexandra rd. pengen nyoba naik bus. Kebetulan deket tong seng coffee shop ada halte bus. Cek di gothere.sg cuma sekali doang naik busnya, ada 18x pemberhentian, baru deh nyampe. Tapi perlu jalan sedikit untuk sampe ke ikea alexandra, dan di lt.2 ada skybridge yang langsung nembus ke anchorpoint mall. Di ikea nggak dapet apa-apa, bingung juga mau beli apaan. Masih napsu di acehardware deh kayaknya. Di anchorpoint ada banyak outlet terkenal kayak cotton on & cotton on kids, G2000, pedro, charles & keith, semuanya diskon. Bahkan ada sendal charles&keith yang harganya cuma S$10. Gwe beliin nyokap tas pesta di charles&keith seharga S$23. Lumayan deh untuk oleh-oleh. Yang lainnya nggak ada yang selera, cuma beli grass jelly milk tea seharga S$2.9.

Naik bus lagi mau ke pusat perbelanjaan city di paya lebar. Tapi ternyata busnya lewat china town, pagoda street. Akhirnya turun di halte dan keliling china town. Nothing special juga sih disini.
Emang sih banyak toko souvenir yang menawarkan harga lebih miring, tapi kita sudah tidak tertarik dan memutuskan untuk segera pergi dari sana dan ke orchard road. Sepanjang jalan menuju MRT china town, banyak tempat makan terutama seafood yang dikunjungi turis-turis bule.

Setibanya di ion orchard, langsung belanja lagi. Beli pesenan sepatu adik ipar di rubi shoes. Ada promo buy 1 get 1 dengan harga S$25 akhirnya gwe beli 2 pasang, plus 1 buah sendal jepit seharga S$4.95.

Dari ion orchard, mampir ke wisma atria. Isinya sama aja sih sama ion, disini banyak ditemukan brand-brand ternama dan restoran. Gwe mampir ke charles& keith dan beli sebuah tas lucu seharga S$69.9. Gwe yakin di jakarta harganya pasti lebih mahal deh. Oh iya, kita juga sempet mampir ke Lucky Plaza, disana banyak ketemu orang Indonesia. Mampir disebuah outlet duty free yang menjual parfum. Yang jual bisa bahasa indonesia. Suami gwe beli parfum merek tag him seharga S$38 dan banyak yang jual souvenir murah disana. Coklat merlion 3 kotak seharga S$10. Victoria secret body mist gwe liat harganya S$13. Ada satu toko, namanya choc spot. Ohmygod disini surganya penggila coklat. Ada promo toblerone 5pcs cuma S$10. Coklat forero yang di sevel singapore dijual S$12 disini cuma S$10. Pokoknya murah-murah banget dan lumayan lengkap. Ampir kalap.

Malam minggu sangat ramai di orchard. Gemerlap lampu-lampu di sepanjang jalan, aneka jajanan. Oh my god, sangat menggugah selera. Kami makan di far east plaza, tepatnya di dekat hotel hyatt. Disana ada kedai makan halal, namanya nasi padang. ada banyak makanan khas melayu. Gwe pesen mee soto, kayak soto ayam. Rasanya enak dengan harga S$5, dan suami pesan nasi lemak. Ada prata dan martabak juga.

Dari far east plaza, jalan-jalan lagi disekitaran orchard road. Sumpah kehidupan disini nggak ada matinya. Musik-musik terdengar sahut-sahutan. Di dekat H&M (orchard center) ada cafe namanya coffee club. Jadi kita mampir ke situ buat kongkow. Mesen satu gelas es coklat, hot capuccino dan satu snack nggak jelas menghabiskan S$28. Hoho, mahal banget ya.

Kami pulang dengan menggunakan bus yang langsung berhenti pas di depan halte hotel. Jangan takut menggunakan bus di singapore, karena semuanya aman. Kartu EZ link pun bisa digunakan untuk membayar bus. Pokoknya hidup disini modalnya cuma internet.

Sesampainya dihotel beristirahat. Karena rencananya besok mau ke universal studio singapore. See you tomorrow.

Xoxo, ajengfitrah