Rabu, 20 Februari 2013

Berhenti Merokok Sekarang


Blog Dokter - Berhenti Merokok - Tembakau merupakan pembunuh. Para perokok dan konsumen tembakau sebenarnya secara perlahan membenamkan penyakit dalam diri mereka dan memiliki kecenderungan untuk mati lebih awal, dibanding dengan mereka yang tidak merokok dan tidak mengkonsumsi tembakau.

Jika Anda adalah seorang perokok, Anda wajib khawatir dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Anda mungkin akan merasa khawatir juga tentang bagaimana cara berhenti merokok, dan bahkan banyak orang selalu menanamkan praduga bahwa berhenti merokok itu sulit. Secara medis ini bisa dibenarkan, kenapa ? Karena nikotin bersifat addictif atau candu, yang apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan ketagihan, dan susah untuk dihentikan. Kebanyakan orang yang mencoba berhenti merokok, separuh lebih tidak berhasil pada uji coba yang pertama, mungkin kedua, dan ketiga, namun Anda bisa berhenti merokok.

Jika Anda hendak bepergian, tentunya langkah awal adalah melangkahkan kaki keluar dari rumah menuju tujuan Anda. Demikian juga dengan berhenti merokok, langkah awal dalam berhenti merokok adalah dengan tidak membeli rokok, dan tidak lagi mengkonsumsi rokok, sederhana bukan. Cobalah untuk menetapkan tanggal dan hari yang tepat untuk berhenti merokok, kumpulkan artikel-artikel tentang keuntungan berhenti merokok yang mungkin bisa menjadi motivasi Anda sendiri.

Jika Anda benar berniat berhenti merokok, Anda harus mempersiapkan strategi, karena berhenti merokok adalah perang melawan keinginan diri sendiri. Langkah paling efektif adalah dengan "Mencari Dukungan". Dukungan paling dekat adalah dari keluarga, teman sejawat, teman kerja, lingkungan, orang-orang yang sering bertemu Anda, tukang koran, kios tempat Anda membeli pulsa, dll. Menghubungi dokter dan konsultan berhenti merokok juga cara tepat untuk mendapat dukungan Anda dalah usaha berhenti merokok.

Juga untuk mendukung Anda dalah program berhenti merokok adalah dengan menempatkan diri pada tempat yang jarang terkena asap rokok, contoh jika pergi berbelanja, pilih tempat yang dilarang merokok, jika Anda antri kereta, masuk di deretan No Smoking Area. Lewati jalur-jalur yang minim perokok.

Saudaraku sekalian, berhenti merokok dan bebas asap rokok akan menjadikan hidup Anda lebih sehat, bahkan berkesempatan untuk hidup lebih lama. Jika Anda berhenti merokok selama 1 tahun, maka resiko terkena penyakit jantung akan turun 50 %. Dan Jika Anda berhenti merokok selama 5 tahun, maka kondisi Anda kembali seperti orang yang tidak pernah merokok sama sekali. Sumber : mayoclinic. Salam Sehat.
Kampanye Berhenti Merokok