Jumat, 10 Agustus 2012

Soal Try Out Medspin 2010 dan Pembahasan

Soal ini saya dapat dari Try Out online menjelang Medspin tahun 2010. (Tiap tahun saya ikut Medspin, tiap tahun pula saya selalu gagal, hehe)

Sebenarnya ini adalah beberapa soal yang tidak bisa saya kerjakan, lalu saya lempar ke forum tanya jawab Yahoo! Answers. Kebanyakan soal fisika, karena saat SMA saya tidak terlalu jago di mapel fisika (Perlu diketahui bahwa soal medspin terdiri dari biologi, kimia, fisika dan ilmu kedokteran terpadu).

Oke, untuk sesi kali ini saya mulai dengan 2 soal, check this out !

TO Medspin 2010


  1. Sebuah benda menunjukkan massa 37,5 gram ketika ditimbang di dalam air. Ketika ditimbang dalam zat cair lain, massanya berubah menjadi 26,375 gram. Jika massa jenis zat cair tersebut 1,89 gr/cm^3, maka massa benda yang sesungguhnya adalah?
    Solusi:
    massa benda salalu tetap selama tidak terjadi perubahan strukturnya.
    Yang berubah adalah beratnya (Asumsikan berat benda dinyatakan dalam satuan gram gaya).

    ΣF = 0

    N + ρ V - w = 0

    37.5 + (1) V - w = 0. . . . . . . . . . (persamaan 1)

    Lalu ditimbang dalam zat cair lain,

    ΣF = 0

    N' + ρ' V - w = 0

    26.375 + (1.89) V - w = 0. . . . . . . . . . (persamaan 2)

    selesaikan kedua persamaan linear simultan di atas, menghasilkan

    V = 12.5 cm³

    w = 50

    jadi berat benda yang sesungguhnya adalah 50 gram gaya.


  2.          Dua lensa yang jarak titik apinya masing-masing 1cm dan 5cm disusun membentuk mikroskop majemuk. Jika sebuah benda diletakkan 1,1 cm di depan lensa pertama dan bayangan akhir diamati pada jarak 25cm dari lenssa kedua, maka jarak kedua lensa itu?
    a. 0,25 cm
    b. 1,1 cm
    c. 6 cm
    d. 11 cm
    e. 15,2 cm

    Solusi:

    misalkan jarak kedua lensa adalah x,

    analisis pada lensa objektif,

    1/s + 1/s' = 1/f_ob

    1/1.1 + 1/s' = 1/1

    s'_ob = 11 cm


    analisis untuk bagian lensa okuler,

    s = x - s'_ob

    1/s + 1/s' = 1/f_ok

    1/(x - s'_ob) + 1/s' = 1/f_ok

    1/(x - 11) + 1/(-25) = 1/5

    x = 91/6

    x = 15.1667 cm ( E )