Senin, 06 Agustus 2012

Hikmah Keutamaan Lailatul Qadar

Hikmah Keutamaan Lailatul Qa'dar - Hikmah Keutamaan Lailatul Qa'dar Alhamdulillah kita telah mendapatkan dan menjalankan Ramadhan ini dan hampir kita akan mencapai akhir dari Ramadhan ini. Begitu banyak hikmah keutamaan Ramadhan dan termasuk di dalamnya adalah hikmah keutamaan Malam Lailatul Qa'dar. Dan begitu banyak pula rahasia keutamaan malam Lailatul Qadar ini yang masih belum terungkap olah akal pikiran manusia yang sangat terbatas ini.

Malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini yang lebih terkenal dengan malam Lailatul Qadar ini memiliki berbagai macam keutamaan. Dan hal ini telah tercantum dalam Al-Qur'an yaitu Allah berfirman yang artinya , "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."(QS. Al-Qadr: 1-5).

Hikmah Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Blog Keperawatan

Banyak pendapat yang mengatakan kapan waktunya malam Lailatul Qadar tersebut. dan pendapat yang paling kuat kapan terjadinya malam Lailatul Qadar itu pada malam terakhir bulan Ramadhan, berdasarkan hadits ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda, (yang artinya) "Carilah malam Lailatur Qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan."(HR Bukhari 4/255 dan Muslim 1169)

Ada beberapa tanda malam lailatul Qadar yang bisa kita kenali melaui beberapa penjelasan hadist. Diantaranya Tanda malam Lailatul Qadar :
  1. Dari Ubay ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : "Pagi hari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa sinar menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi." (HR Muslim 762).
  2. Dari Abu Hurairah, ia berkata: Kami menyebutkan malam Lailatul Qadar di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda (yang artinya), "Siapa di antara kalian yang ingat ketika terbit bulan, seperti syiqi jafnah (setengah bejana).” (HR Muslim 1170)
  3. Dan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda (yang artinya), "(Malam) Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, (dan) keesokan harinya cahaya sinar mataharinya melemah kemerah-merahan.” (HR Thayalisi (349), Ibnu Khuzaimah (3/231), Bazzar (1/486), sanadnya hasan).
  4. dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah SAW: "Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)" (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)
Semoga dengan sedikit kita mengenal akan keutamaan Malam Lailatul Qadar ini maka semoga pula kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung mendapatkannya dalam Ramadhan kali ini aamiin..aamiin.