Jumat, 24 Agustus 2012

Mengobati Mata Minus

Blog Dokter - Mengobati Mata Minus. Sering dan hampir setiap hari kita bertemu dengan seseorang yang menggunakan kaca mata, disamping sekedar gaya, banyak diantara mereka mengenakan kaca mata karena menderita mata minus. Mata minus adalah gangguan pada mata yang sifatnya ringan, ini dikarenakan fungsi mata pada fokus yang kurang bekerja maksimal.

Mengobati mata minus menjadi keharusan bagi kita, karena bagaimanapun juga melihat dengan mata normal akan lebih enak dari pada harus dengan menggunakan kaca mata. Pengguna komputer, penggemar membaca, dan pekerjaan yang memerlukan kejelian mata biasanya sering terkena menderita mata minus. Mengobati Mata minus jelas dibutuhkan.

Penyebab umum pada gangguan mata minus :

  • Kurang menjaga pola makan yang baik, ini penting sebagai penyeimbang kemampuan otot di bagian tubuh manapun termasuk mata
  • Sering membaca dalam posisi yang salah ( tiduran, dalam ruang dengan cahaya kurang )
  • Serinya mata bersentuhan langsung dengan polusi udara, debu dan lainya
  • Mengkonsumsi gula secara berlebihan juga ditengarai pemicu terjadinya mata minus ini.
  • Jarang bersentuhan dengan sinar matahari.
  • Tempat kerja yang buruk
  • Sering nonton televisi dengan jarak yang kurang wajar, sambil tiduran.
Cara mengobati mata minus :

  1. Bersihkan mata secara rutin setiap hari dengan menggunakan obat tetes mata
  2. Lepaskan kacamata jika dirasa tidak diperlukan, mata minus biasanya hanya berlaku untuk penglihatan jarak jauh, nah ketika kita melihat dari jarak dekat usahakan melepas kaca mata, ini sebagai latihan otot2 pada mata agar kembali berfungsi normal
  3. Hindari sentuhan langsung dengan debu, jika Anda seorang pengendara, maka kenakan kaca mata berkendara.
  4. Terapi dengan pergi ke tempat dengan hamparan luas seperti pantai, persawahan, usahakan melepas kaca mata saat melakukan pengamatan.
Bukan tanpa bukti cara mengobati mata minus yang saya ceritakan di atas, saya sendiri seorang pemakai kacamata minus 3, namun pada saat menulis artikel ini minus saya sudah berkurang ke 1.5 dalam waktu 6 bulan. Dan saat menulis artikel ini saya tidak mengenakan kacamata, karena masih terlihat jelas. Selamat mencoba, semoga sehat selalu untuk anda.