Sabtu, 14 Agustus 2010

Ramadhanku Dulu : Cerita Masa Kecil di Bulan Ramadhan

sangat menyenangkan dan tak dapat dilupakan tentang ramadhanku dulu, ketika aku masih duduk dibangku SD. Banyak cerita, banyak kenangan yang kadang aku merasa perlu untuk membuat mesin waktu yang aku bermimpi melihat diriku di masa lalu.
Tradisi "nyadran" atau ziarah ke makam kakek nenekku menjadi pembuka menyambut ramadhan. selalu tak pernah ketinggalan untuk ikut acara ini. Bukan apa-apa lantaran biasanya setelah acara bakal dibagi nasi lengkap dengan lauk-pauknya yang walaupun sederhana tetep miss u so much. Kadang berebut untuk cari keranjang yang ada ayamnya,atau yang ada rotinya atau bahkan cari yang ada uang koinnnya. Maklum masih anak-anak pokoknya bikin ribut aja kerjanya.
Tradisi lain adalah "padusan",atau mandi di sore hari sebelum ramadhan. Nyebur bareng-bareng temen2ku di kolam masjid sampai keruh airnya. Loncat dari pager yang tinggi. Dulu airnya sehidung,sekarang mungkin klo aku nyebur sudah seperut bawah dikit kali ya.
Tarawih tidak boleh ketinggalan. Biasanya kita nyari mushola yang imamnya high speed...biar cepet selesai. Tarawih biasanya aku ambil tempat di serambi bareng anak-anak yg lain. Ya sholat sambil becandaan gitu ceritanya (dikit kok)
Tadarusan, wuoh ini mantep. Bukan bermaksud sombong,aku termasuk anak yang cepet baca quran. Sering aku banyak-banyakan khatam quran dengan kakak-ku, 3-5 kali aku bisa khatam. InsyaAlloh tajwid tetep terjaga. Nah itu pula yg membuatku menjadi pilihan anak2 buat tadarusan, katanya kalo ada mushtofa bakal cepat selesainya. Ya namanya anak-anak, kita balapan baca quran,cepet2an selesai 1 juz.Tapi kalo lagi apes, udah selesai duluan dan makanan belum datang maka tugas untuk ambil di tempat warga.
jalan-jalan ba'da subuh. Hoho ritual pagi hari ketika ramadhan adalah jalan-jalan sampe kuburan cina. sambil nonton balapan liar tentunya. Disini selain jalan-jalan biasanya kita bawa amunisi berupa mercon-mercon siap tembak kalo-kalo ada pertempuran mercon. Mercon "impret",mercon mini dengan daya ledak maksi..
Buat mercon. Ini tidak boleh ketinggalan. Selain beli yang sudah ada, kdang aku juga buat sendiri. Termasuk desainer handal mercon. Aku sama adekku biasanya bagi2 tugas,siapa yang potong kertas,ngisi mesiu sama yang ngerasin lipatannya. Lumayan buat persiapan hari raya.
Oiya ada yang ketinggalan, walaupun puasa main bola tetep. Biasanya pagi habis jalan-jalan langsung main bola. Capek tapi tak ada niat batalin puasa ^^
Nah yang terakhir ni..biasanya sebelum buka bantu-bantu ibu bikin makan buka.Kadang bereksperimen dengan membuat makanan yang aneh2 alias ngasal. Nah udah capek tu, ketika buka yasudah tak bisa dihentikan. Makan banyak-banyak dan akhirnya tidak bisa berdiri karena kekenyangan dan anehnya lagi untuk mengatasi hal itu kadang aku sit up beberapa kali..bener2 aneh.
Sekelumit cerita tentang ramadhanku dulu,banyak hal-hal yang sampai sekarang tak akan kulupakan. Mungkin sekarang sudah jauh berbeda, tapi entah beda menjadi lebih baik ataukah menjadi lebih tidak baik.