Selasa, 03 Februari 2009

Superparenting

Kok Saya Sekarang jadi Tidak PD


Tulisan pa Adi Putra mengingatkan saya atas pasien saya yang datang ke praktek saya kemaren pagi. Beliau seorang bapa2 berusia sktr 35 thn, dan bekerja sebagai PNS di kota kandangan. Pagi2 sekali beliau pergi dari kota kandangan sekitar 2,5 jam dari banjarmasin untuk segera bisa ketemua dengan saya. Sungguh seorang yang luar biasa dan benar2 ingin berubah dalam kehidupannya.

Saat berjumpa di kamar praktek saya, beliau sudah menulis apa yang menjadi masalah beliau selama ini dan ini yang harus di ungkapkan beliu kepada saya agar saya mampu membantu beliau dari masalah ini.

Dalam catatan beliau yang disampaikan kepada saya, beliau mengatakan bahwa beliau ini sangat tidak percaya diri sekali. beliau juga sering cemas, khawatir dan takut atas apa yang dilakukan dan apa yang dipercayakan kepada beliau tidak dapat beliau laksanakan dengan baik. Dari kecemasan dan ketakutanan ini beliau merasa emosi beliau tidak stabil sehingga beliau sering marah-marah tanpa sebab kepada orang lain. Bahkan karena kecemasan yang berlebihan ini beliau menjadi sulit tidur, untuk tempat pelarian maka beliau merokok yang lumayan banyak dalam sehari nya.

Pertanyaan saya saat dikamar praktek untuk memulai sesi terapi adalah saya bertanya sejak kapan PERASAAN ini muncul. Sambil BERPIKIR beliau mengingat2 kembali kapan hal ini pertama kali muncul. Sambil mengingatkan beliau saya bertanya apa beliau pernah dan sering di remehkan oleh orang tua beliau. Beliau Jawab tidak Bahkan Orang tua nya sangat sayang sekali kepada beliau, Support dari orang tua nya juga sangat luar biasa kata beliau, kalau begitu saya bilang orang tua bapa adalah orang tua yang luar biasa.
Saya tanya kembali apakah waktu sekolah pernah teman atau guru meremehkan dan memperlakukan bapa hingga bapa merasa apa yang sudah dilakukan menjadi tidak berharga, beliau bilang juga tidak.
Saya tanya kembali apakah saat bekerja atau diluar rumah dilingkungan sekitar ada orang yang pernah meremehkan beliau seperti pertanyaan saya yang sebelum nya, beliau bilang juga tidak.

Perlahan beliau berupaya mengingat2 kembali apa yang menyebakan beliau menjadi begini dan beliau pun teringat : Pertama kali ini terjadi saya MERASA saat ibu saya meninggal dunia.
Saya hanya mengatakan wah pas sekali pa, karena selama ini bapa merasa orang tua bapa terutama ibu yang sangat mensupport kehidupan bapa, nah pas ortu meninggal bapa menjadi tidak Percaya Diri karena PERASAAN bapa akan tidak ada lagi orang yang mensupport kehidupan bapa.

Nah sahabat dan pembaca sekalian, cukup menarik apa yang terjadi pada bapa ini, ternyata support yang terlalu berlebihan oleh orang tua jua menjadi hal buruk disaat orang tua kita tidak ada.
Karena itu support lah anak-anak anda untuk mereka YAKIN :
KAPAN PUN MEREKA MAU, ADA SIAPA ATAU TIDAK ADA SIAPA SAJA, ANAK-ANAK ANDA TETAP MAMPU MENJALANI KEHIDUPAN DENGAN SANGAT PERCAYA DIRI DAN TETAP MENJADI MANUSIA YANG LUAR BIASA DAN BERGUNA BAGI DIRI NYA SENDIRI, KELUARGA, LINGKUNGAN DAN BANGSA NYA.

Saya yakin saat ini juga anda semua mulai menyadari bahwa anak-anak kita semua tetap perlu terus support dari kita para orang tua nya dan juga tetap perlu terus kita support untuk menjadi anak-anak yang MANDIRI.

Salam Bahagia buat Anda Semua