Senin, 01 September 2008

Konsultasi: Janin meninggal usia 28 Minggu

KONSUL
Dok 28 februari aku melahirkan caesar dng usia kandungan 32 minggu dgn janinku meninggal didalam kandungan, diagnosa dokter karena tali plasenta terpelintir sepanjang 5 cm knapa caesar krn plasenta previa.
1. dokter menganalisa tali palsenta terpelintir krn gerak bayi terlalu aktif itu disebapkan oleh apa yaa dok ? (bayi bergerak over aktif 0
2. Kata dokter paling cepat hamil 6 bln dgn kondisi cesar lahir proses labornya ? beenr gak tuh dok?
3. perlu gak dok aku test TORCH untuk persiapan kehamila n ke dua ini ? (krn suami gak bgitu mendukung untuk test torch ?
4. bagaiaman mengantisipasi agar janin tidak over aktif lagi dok /
5. memangkehamilan kmren aku mual muntah berat dok dari awal kehamilan sampai masuk 30 minggu ?
6. bulan agustus ini aku blum dapat mens dok (juni, juli mens teratur tiap tgl 12) priksa ke dr USG transvaginal ga ada masalah rahim dalam ama sel telurnya hormonnya aja kacau katanya dan di buatin resep cycloprogynova ? pil itu apa efek sampingnya dok
Salam Hangat

TASI
1. Sampai sekarang juga org nggak tahu kenapa ada bayi yang geraknya over gitu. Secara medis belum ada cara yg aman untuk mengurangi gerakan bayi. Tapi bisa dilakukan secara sederhana melalui komunikasi ibu dengan bayi. mungkin ibu belum penah mendengar atu belum penah melakukannya. Ternyata bayi yang ada didalam kandungan sudah mampu mendengar dan melakukan komunikasi. Ibu bisa berbicara ke janin dengan mengatakan : anakku sayang bergeraklah secukupnya atau bergeraklah secara normal, untuk kesehatanmu. Pasti janin langsung mematuhinya. Bisa dibuktikan dengan USG 4 D...
2.Kelahirannya berikutnya dengan janin pertama meninggal bisa saja di cesar dengan pertimbangan high risk pregnancy atau bayi mahal (high value baby). Sedangkan jarak untuk kehamilan berikunya 6 bulan tidak ada patokan khusus. Itu mungkin gunanya agar penyebab kematiannya sdh hilang.
3.Mencari faktor penyebab kematian. Salah satunya adalah pemeriksaan TORCH. Hal lain yang perlu diperiksa juga adalah darah lengkap dan kultur urine.
4. Mual dan muntah yang berlebihan disamping dengasn obat2an dapat juga dihilangkan dengan tehnik relaksasi hypnobirthing atau tehnik relaksasi lainnya. Kalau di jakarta bisa ke pro v clinic di cempaka putih.
5. Pil Cycloprogynova sebetulnya langkah ke 2 untuk haid yang nggak keluar. tetapi tidak hamil Langkah awal adalah memberikan progesteron seperti primolut atau norelut atau provera dan lain2. Efek tetap ada seperti mual, tapi yang membahayakan nggak ada.
Warm Regards