Kamis, 04 September 2008

Konsultasi: Gangguan Haid

TANYA
Salam kenal Dok..Maaf mau nanya niey..Dok,kebetulan saya bermasalah dengan menstruasi. Sejak saya bekerja sebagai corporate finance consultant (16 bulan) "my pink schedule" jadi sangat kacau.Saya tidak menstruasi sama sekali,tapi sering spotting/flek dalam jumlah yang gak teralu banyak,bisa beberapa kali dalam sebulan,tapi dengan jeda waktu.

Saya sudah konsultasi k'dokter obsgyn,dalam 3 bulan berturut2,setelah usg 1 & 2 dimensi dipastikan tidak ada apa2.Saya juga tidak di kasih obat,hanya di resepkan vitamin dan istirahat total (seharusnya hospitalize hanya saya menolak).Benar saja tidak berapa lama kemudian mens lagi.

Tapi saat pekerjaan hectic,kemudian berulang lagi seperti ini. Seorang teman residen obsgyn pernah menyarankan untuk minum Femona. Menurut Dokter apa yg terjadi,& apa yang harus saya lakukan. Apakah sejauh ini secara ilmiah Femona bisa membantu masalah saya??Thanks in advance Dok..Keep blogging yah

JAWAB
Gangguan haid pada wanita usia reproduksi sebetulnya hal yang biasa ditemukan akibat stress psikis dan fisik dalam hal ini akibat pengaruh pekerjaan. Selagi siklusnya masih berovulasi (menghasilkan telur) biasanya dibiarkan saja karena nggak mengganggu kesuburan / masih bisa hamil, tetapi kalau siklusnya anovulasi (tidak bertelur) baru bermasalah jika ingin hamil.

Jika tidak merasa nggak sreg dengan kondisi ini sebetulnya dapat dilakukan pengaturan haid (Menstrual Regulation=MR). Tergantung penyebabnya. Sudah baca tentang bercak prahaid di blog? kalau mau tinggal mengaturnya saja. Kalau hanya spotting pra-haid untuk MR dokter akan memberikan preparat progesteron kombinasi dengan estrogen atau pil KB di hari 16-25 haid. Sedangkan bercak paska haid akan diberikan pil KB dari hari 6 - 25 haid

Tentang FEMONA ini sebetulnya bersifat fitofarmaka bukan obat (drug) isinya Lepidium Peruvianum. Jadi nggak ada salahnya kalau mau dicoba, nothing to lose. Tetapi biasanya secara uji klinis level of evidence masih rendah paling kategori C, hanya empiris orang2 yang pernah memakainya. Nggak akan ada bahayanya...Mudah2an cerah