Kamis, 04 September 2008

Konsultasi: Gambaran USG Awal Hamil

KONSUL
Saya mo nanya dok...hr pertama haid terakhit saya 29 juli, siklus say normal 28 hr dan gak pernah telat yg ada malah mendahului. Nah pas tgl 29 agustus saya test pack sampe 2x hasil nya positif..(maklum dok kehamilan pertama setelah 4 th menikah...).

Malemnya kedokter sangking senengnya,..pas diusg kt dokter belum tampak kantung janinnya,..tp ada penebalan dirahimnya dan memang ada tanda tanda kehamilan. krn itu disuruh balik lg ntar tgl 19 sept. dan dikasih obat penguat preabor sama vitaminnya vitamulti. yg saya mo tanyakan...penebalan itu apa dok???...

KATA Dr DIDIK SPOG
Kehamilan 1 bulan (4-5minggu) memang kadang2 tidak terlihat dengan USG 2D. transabdominal. Apalagi jika lemak dinding perut tebal. Tanda2 hamil yang tampak adalah ukuran rahim yang membesar (ukuran normal sekitar 5 cm) serta terlihatnya penebalan pada endometrium yang sebetulnya merupakan desidua atau tempat kehamilan menanamkan diri.

Kalau ada USG transvaginal maka kantong kehamilannya pasti terlihat (nggak perlu pakai USG yg 3D). Biasanya jika akan dilakukan USG ulangan adalah 2 minggu kemudian. Dengan USG 2D kantong kehamilannya sdh pasti terlihat.

Jadi makan saja progesteron dan vitamin yang diberikan. Hindari hubungan seks diawal kehamilan, apalagi dapat kehamilannya susah (infertilitas primer 4 tahun). Untuk vitamin ada yang lebih bagus dari vitamulti yaitu Follamil genio atau prenatin DF. Harga vitaminnya memang lebih mahal karena anaknya juga kan mahal (susah dapat=high value baby). Kalau yang terbaik untuk anak nggak ada yg mahal. Ya nggak? Semoga ada pencerahan...