Rabu, 10 September 2008

FAM = Fibroadenoma Mammae

Barusan buka email dari seorang ibu di Cirebon yang mengeluhkan tentang adanya benjolan/tumor di payudaranya, yang setelah di biopsi oleh dokter bedah katanya tumor jinak, lalu diberi terapi hormon tetapi masih merasakan nyeri. Kalau dikira2in kemungkinan tumornya adalah FAM.

FAM adalah tumor jinak payudara yang sesuai dengan namanya berasal dari fibro=jaringan ikat dan adenoma=jaringan kelenjar. Bisa tunggal, beberapa atau dalam bentuk berkelompok (kompleks). Penyebabnya tidak diketahui pasti, diduga ada pengaruh hormon estrogen.

Ukuran FAM berkisar 1-5 cm. Ada yang sampai 15 cm namanya Giant FAM. Seperti sama2 kita ketahui wanita dapat mendeteksi sendiri benjolan di payudaranya dengan tehnik pemeriksaan sendiri (SADARI). Jika menemukan benjolan, lakukan pemeriksaan. Bisa dengan USG biasa atau dengan mammogram. Selanjutnya dokter akan melakukan biopsi untuk memastikannya.

Mengingat FAM bersifat jinak, jika ukjurannya kecil, tidak nyeri, ukuran tidak berubah dan hasil biopsi nggak masalah, maka tidak dibutuhkan tindakan operasi apapun, cukup di pantau dengan USG secara berkala. Tetapi jika besar (ukuran melebihi 3 cm), terasa nyeri dan bertambah besar serta hasil biopsi atipik (sel2nya sangat aktif) maka sebaiknya dilakukan pengangkatan FAM. Dianjurkan juga pengangkatan FAM apapun jenisnya pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun.


Video Operasi FAM


Video Sadari