Minggu, 07 September 2008

Ingin Menunda Kehamilan ? Hati2...

Akhir2 ini trendnya banyak pasangan baru menikah yang ingin menunda kehamilan dengan berbagai alasan. Penundaan bisa jangka pendek maupun jangka panjang.

Hati2 dalam memilih metode kontrasepi karena salah pilih dapat merusak kesuburan. Kontrasepsi hormonal kadang2 bisa mengganggu kesuburan. Artinya jika kontraepsi dihentikan kesuburan tidak langsung kembali. Kalau sebentar mungkin nggak begitu merisaukan. Jika kembalinya lama? Pusingkan jadinyacry.

Jika ingin menunda kurang dari setahun pakai saja kontrasepsi alami (natural family planning) atau barier mekanik (kondom dll). Jika ingin menunda untuk jangka yang lebih panjang dapat mempergunakan IUD.

Disamping memilih metode kontrasepsi yang tepat ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara kesuburan:

Jaga Makan/Diet
Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan pembuluh darah akan bagus juga efeknya terhadap indung telur. Wanita yang mengkonsumsi lebih banyak lemak tidak jenuh (unsaturated fat) seperti pada olive oil dan avokad lebih kurang mengalami gangguan kesuburan karena masalah ovulasi.

Hindari Stress
Stress yang timbul akan mengganggu fungsi otak dalam proses produksi sel telur. Jika anda termasuk wanita yang gelisah dan mudah marah, usahakan untuk melakukan hal2 yang bisa membuat anda tenang dan relaks. Dapat melakukan relaksasi dengan tehnik pernafasan (hipnosis) dengan yoga atau juga Tai Chi.

Lakukan test dengan teratur
Ini terutama terhadap penyakit menular seksual (STD). STD dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran tuba. Tuba juga dapat terisi cairan akibat efek residu infeksi sehingga dapat mencegah implantasi embryo.

Jangan Merokok
Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang ada disel telur. Memang nggak mengganggu kesuburan secara langsung. Wanita yang merokok lebih sering mengalami gangguan kesuburan dibanding yang nggak merokok.

Pakai OC (Pil KB)
OC tidak menggangu fertilitas serta mengurangi risiko PID, endometriosis dan kanker endometrium. Karena tidak ovulasi risiko terjadinya kista ovarium dan kanker ovarium juga berkurang. Kebanyakan segera hamil pada bulan berikutnya begitu menghentikan pemakaian OCs.

Check Up kondisi Umum
Ada kelainan2 umum yang dapat menimbulkan infertilitas yang sering tidak terdiagnosis seperti diabetes, penyakit thyroid, atau polycystic ovarian syndrome (PCOS=SOPK= Sindroma Ovarium Polikistik). Lakukan Check Up tahunan.

Jangan Sampai Menjalani Operasi Indung Telur
Nggak ada seorangpun yang mau di operasi. Jika dokter anda menganjurkan operasi tanyakan kemungkinan metode non-invasif lainnya yang dapat menyembulkan kista anda (dengan obat2an). Kista tertentu seperti kista coklat dapat diobati dengan hormon seperti dengan menggunakan Tapros